Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 12:54 WIB | Senin, 15 Mei 2023

Jet Tempur AS Cegat Enam Pesawat Rusia di Alaska

Sebuah jet tempur Sukhoi Su-35 tampil selama International Army Games 2016, di Dubrovichi di luar Ryazan, Rusia, 5 Agustus 2016. (Foto: dok.Reuters)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM-Sekelompok jet tempur Amerika Serikat mencegat enam pesawat militer Rusia di dekat Alaska di mana latihan militer AS sedang berlangsung, kata Komando Pertahanan Ruang Angkasa Amerika Utara (NORAD) mengatakan pada hari Minggu (14/5).

NORAD mengatakan "mendeteksi, melacak, mengidentifikasi secara positif dan mencegat enam pesawat Rusia yang beroperasi di dan dekat Zona Identifikasi Pertahanan Udara Alaska (ADIZ)" pada hari Kamis (11/5).

Komando pertahanan gabungan AS-Kanada menambahkan bahwa penerbangan Rusia “terjadi karena beberapa latihan militer AS skala besar yang direncanakan sedang berlangsung di Alaska.”

Pesawat Rusia termasuk pembom Tu-95, tanker IL-78 dan pesawat tempur Su-35.

Tim pencegat NORAD termasuk pesawat tempur F-16, pesawat tempur F-22, KC-135 Stratotankers, dan pesawat E-3 Sentry Airborne Warning and Control System (AWACS).

NORAD mengatakan pesawat Rusia tetap berada di wilayah udara internasional dan tidak memasuki wilayah udara kedaulatan Amerika atau Kanada. Ia menambahkan bahwa “aktivitas Rusia di ADIZ Amerika Utara terjadi secara teratur dan tidak dianggap sebagai ancaman.”

Insiden itu terjadi ketika ketegangan antara Washington dan Moskow tetap tinggi setelah jatuhnya pesawat pengintai militer AS (MQ-9 Reaper) pada 14 Maret ke Laut Hitam, setelah pertemuan dengan jet tempur Su-27 Rusia di wilayah udara internasional dekat wilayah yang diklaim Rusia untuk dianeksasi dari Ukraina. (Al Arabiya)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home