Loading...
EKONOMI
Penulis: Eben E. Siadari 14:04 WIB | Kamis, 15 September 2016

Jim Yong Kim Terpilih Kembali Jadi Presiden Bank Dunia

Presiden Bank Dunia, Jim Yong Kim (Foto: dailysignal.com)

WASHINGTON, SATUHARAPAN.COM - Presiden World Bank Jim Yong Kim secara efektif memenangkan masa jabatan lima tahun keduanya setelah pencalonan untuk mengepalai bank pembangunan global itu ditutup pada Rabu (14/09) tanpa ada pengajuan kandidat lain.

Dewan eksekutif World Bank dalam sebuah pernyataan mengatakan bahwa, mengikuti prosedur resmi, mereka akan secara resmi bertemu dengan Kim sebagai kandidat “dengan harapan menyelesaikan proses seleksi dalam Pertemuan Tahunan 2016,” yang akan berlangsung pada 7-9 Oktober.

Kim (56), seorang dokter keturunan Korea-Amerika Serikat (AS) yang memfokuskan diri dalam progam pengurangan kemiskinan ekstrem World Bank, mendapat dukungan kuat untuk menduduki jabatan keduanya dari AS, Prancis, Jerman, Tiongkok dan pemegang saham utama lain bank tersebut.

Namun, seperti pencalonan pertamanya pada 2012, bank mendapat kritikan internal dan eksternal karena tidak benar-benar membuka proses seleksi kepada semua pendatang dan tidak mengelolanya dengan cara yang transparan sepenuhnya.

Mengikuti aturan tak tertulis, sejak World Bank dibentuk di tengah Perang Dunia II untuk membantu membangun kembali perekonomian global, pemimpinnya selalu warga AS yang dipilih oleh Washington.(AFP)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home