Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Kartika Virgianti 14:23 WIB | Selasa, 08 Oktober 2013

Jokowi Baru Dua Kali ke Ragunan, Pertama 40 Tahun Lalu

Jokowi Baru Dua Kali ke Ragunan, Pertama 40 Tahun Lalu
Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo memberikan sambutan dalam pembukaan Dialog Publik Pengembangan TMR. (Foto-foto: Kartika Virgianti)
Jokowi Baru Dua Kali ke Ragunan, Pertama 40 Tahun Lalu
(ki-ka) Joko Widodo dan Ketua Dewan Pengawas TMR, Hashim Djojohadikusumo.

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo pagi ini menghadiri pembukaan Dialog Publik yang berlangsung di Pusat Primata Schmutzer, Taman Margasatwa Ragunan (TMR), Jakarta Selatan, Selasa (8/10). Dalam sambutannya, ia sedikit berceloteh tentang betapa bangganya ia bisa ke Ragunan kembali, setelah terakhir 40 tahun lalu.  

“Saya pernah mampir ke ragunan ini sekitar 40 tahun yang lalu dengan bapak ibu saya, ini yang kedua kalinya, saya ngaku aja.”  ujar Jokowi.

“Setahun yang lalu ketika pak Hashim bercerita tentang satwa-satwa kecintaan beliau, saya mengatakan, ‘pak bagaimana kalau bapak sekali-sekali ikut ngurus ragunan’, beliau mengatakan nanti disangka ada kepentingan politik,”

“Tapi kemudian saya bilang, tidak, nanti saya yang tanggung jawab,” ungkap Jokowi sedikit bercerita. Hashim Djojohadikusumo merupakan pengusaha sukses yang kebetulan memang adik Prabowo Subiyanto dari Partai Gerindera, dikutip dari satwa.net.

Hashim dilantik menjadi Ketua Dewan Pengawas TMR, karena kecintaannya terhadap satwa liar, dengan tetap menjadi BLUD (Badan Layanan Umum Daerah) yang mempunyai fungsi utama Lembaga Konservasi, Pendidikan dan Rekreasi.

Menurut Jokowi, dialog publik ini diselenggarakan sehingga ada masukkan dari masyarakat, dari LSM (lembaga swadaya mayarakat), jadi bisa dibuatkan masterplan-nya, blueprint-nya, untuk ragunan 50-100 tahun ke depan sebagai taman margasatwa yang terbaik.

Komitmen Jokowi hanya menyiapkan anggaran untuk ini, ia mengatakan tahun depan akan disiapkan Rp 400-500 miliar, “Tapi kan belum, ini baru rencana,” jawab Jokowi ketika ditanyakan para wartawan mengenai anggaran untuk TMR. 

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home