Loading...
INDONESIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 12:31 WIB | Minggu, 14 Desember 2014

Jokowi Kunjungi Lokasi Longsor Banjarnegara

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana mendarat di Bandar Udara Tunggul Wulung, Cilacap, menggunakan pesawat CN-235, Minggu (14/12). (Foto: setkab.go.id)

BANJARNEGARA, SATUHARAPAN.COM - Presiden Joko Widodo pada Minggu (14/12) siang mengunjungi korban longsor di Dusun Jemblung, Kecamatan Karangkobar, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Sekretaris Kabinet (Setkab) Andi Wijayanto mengatakan, kunjungan Presiden untuk melihat langsung lokasi bencana yang sudah merenggut korban puluhan jiwa.

“Presiden akan memberikan arahan tentang mobilisasi sumber daya untuk aksi tanggap cepat  bencana, untuk menata kembali ekosistem di wilayah-wilayah rawan longsor,” kata Andi.

Setkab menyebutkan, sebelumnya Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, Menteri Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Basuki Hadimuljono, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Syamsul Maarif, dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo sejak Sabtu (13/13) sudah di lokasi bencana untuk melakukan aksi tanggap darurat penanganan bencana.

Presiden Jokowi sendiri saat di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, menjelang keberangkatannya ke Banjarnegara mengatakan, longsor yang terjadi di Banjarnegara Jumat lalu mengingatkan semua pihak untuk selalu waspada. Ia juga mengatakan bahwa letak geografis Indonesia membuat negara ini rawan bencana.

Menurut Presiden Jokowi,  banyak daerah di Indonesia yang berisiko tinggi terjadinya bencana tersebut. “Tidak cuma 1, 2, 3, 4, atau 5 titik, tapi ratusan titik di tanah air yang rawan longsor,” katanya.

Presiden Jokowi mengingatkan, risiko tanah longsor terbesar ada di pulau Jawa, apalagi ditunjang dengan pertambahan penduduk yang terus meningkat.

Kemudian juga banyak lahan serapan air yang telah beralih fungsi menjadi lahan pemukiman. “Rawan longsor terutama di pulau Jawa. Semuanya kita harus waspadai,” kata Jokowi

Sebelumnya melalui fanpage facebooknya, Presiden Jokowi telah menyampaikan dukacita kepada para korban longsor di Banjarnegara.

“Saya turut berduka cita atas musibah tanah longsor yang menimpa di dusun Jemblung, Desa Sampang, Kecamatan Karangkobar, Banjarnegara, Jawa Tengah. Kepada Gubernur Jawa Tengah, Bapak Ganjar Pranowo segeralah membereskan akibat-akibat yang terjadi dalam musibah ini termasuk proses evakuasi,” kata Jokowi di laman facebook. (setkab.go.id)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home