Loading...
SAINS
Penulis: Bayu Probo 17:35 WIB | Selasa, 28 Januari 2014

Jokowi Panggil Lurah dan Camat Terkait Normalisasi Ciliwung

Jokowi saat meninjau Cisadane. (Foto: Antara)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) mengumpulkan para lurah dan camat guna mendata warga yang terkena dampak normalisasi Ciliwung untuk kemudian direlokasi ke rumah susun (rusun).

“Jumlah warga yang akan direlokasi baru dihitung, ini kita kumpulin camat dan lurah untuk mendata,” kata Jokowi pada Selasa (28/1).

Akibat proyek normalisasi Kali Ciliwung, sejumlah warga yang tinggal di Kampung Pulo, Kampung Melayu, Jakarta Timur, akan direlokasi.

“Ini pendataan baru dimulai. Begitu tidak banjir langsung akan direlokasi ke rusunawa Cipinang Besar Selatan (Cibesel), Komarrudin Pulogebang, dan Jatinegara,” katanya.

Program normalisasi kali Ciliwung sudah dimulai Desember 2013 lalu ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Kementerian Pekerjaan Umum (PU).

Normalisasi dikerjakan dalam empat paket dengan pekerjaan utamanya adalah penguatan tebing sungai, galian alur sungai, pembuatan tanggul, dan jalan inspeksi.

Direncanakan pengerjaan proyek normalisasi bisa selesai pada 31 Desember 2016.

Dengan demikian, nantinya normalisasi bisa membantu meningkatkan kapasitas tampung air dari 200 meter kubik per detik menjadi 570 meter kubik per detik. Selain itu, penataan kawasan di sekitar Kali Ciliwung bisa dilakukan. (Ant)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home