Loading...
FOTO
Penulis: Bayu Probo 19:59 WIB | Kamis, 27 Maret 2014

Jokowi Pimpin Ultah Satpol PP DKI

Jokowi Pimpin Ultah Satpol PP DKI
Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo memimpin upacara peringatan HUT ke-52 Satpol PP dan Satlinmas di Silang Monas Jakarta, Kamis (27/3). (Foto-foto: Antara)
Jokowi Pimpin Ultah Satpol PP DKI
Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo memeriksa pasukan ketika memimpin upacara peringatan HUT ke-52 Satpol PP dan Satlinmas di Silang Monas Jakarta.

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM –  Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengharapkan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dapat menjaga ketertiban dengan baik selama berlangsungnya pemilihan umum legislatif maupun presiden pada tahun ini.

“Ya tugas mereka (Satpol PP) kan sudah jelas yaitu menjaga ketertiban,” ujar Joko Widodo usai menghadiri acara apel siaga ulang tahun ke-52 Satpol PP di Monas, Jakarta Pusat, Kamis (27/3).

Peringatan HUT Satpol PP yang diikuti 3.600 personel gabungan dari Satpol PP dan unsur terkait tersebut juga sebagai apel guna kesiapsiagaan dalam mendukung kelancaran pemilu 2014. 

Menurut dia, Satpol PP maupun Satlinmas dapat menjalankan tugas pokok serta fungsinya untuk membantu ketertiban pelaksanaan pemilu dan tanggap dalam penanganan bencana.

Ketika ditanya ada pengamanan khusus, Jokowi mengatakan ada pengamanan yang diperketat dengan melibatkan Satpol PP yang berjumlah sekitar 7.000 personel.

“Satpol PP. Banyak ada 7.000 Satpol PP,” ujar dia.

Sebelumnya, Kepala Satpol PP Kukuh Hadi Santoso mengatakan seluruh jajarannya siap mengamankan pelaksanaan pemilihan umum legislatif pada 9 April mendatang dengan menerjunkan sekitar 5.000 personel.

“Untuk pemilu ada 5.000-an personel yang kita siapkan bila mana diperlukan, bila mana diperintah. Seluruh jajaran Satpol PP siap melaksanakan. Personelnya baik peralatannya semua siap bila di perintahkan,” ujar Kukuh Hadi Santoso di Monas, Jakarta Pusat, Kamis.

Menurut dia, untuk pengamanan pemilu legislatif tersebut pihaknya akan berkoordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

“Oh tidak ada tidak ada konsentrasi, Jakarta ini aman, kita akan selalu koordinasi TNI Polri seperti itu. Semua Satpol PP di masing-masing kelurahan dan kecamatan kan masing-masing ada anggotanya di situ,” kata dia.

Ia mengutarakan Satpol PP dalam melaksanakan tugas tidak memakai tameng maupun pentungan lagi. Kalau pun hari ini ada hanya untuk peragaan saja.

“Hampir semua personel Satpol PP punya ilmu bela diri, karena di sini Satpol PP punya keahlian bela diri seperti pencak silat, merpati putih, karate maupun tinju,” ujar dia. (Ant)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home