Loading...
BUDAYA
Penulis: Reporter Satuharapan 12:27 WIB | Sabtu, 24 Oktober 2015

Julia, Karakter Baru Autis dalam Sesame Street

Julia, karakter baru autisme dalam Sesame Street yang diprogram untuk memberikan kesadaran tentang anak autisme. (Foto: cnn.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Julia menjadi teman terbaru yang bergabung dengan Elmo, Big Bird, dan keluarga “Sesame Street”, dalam program baru yang dirancang untuk mengkampanyekan kesadaran tentang anak autis.

Julia digambarkan sebagai gadis kecil bermata cerah berwajah ceria, memainkan peran penting dalam The Sesame Street and Autisme: See All in Amazing Children, film yang diluncurkan pada Rabu (21/10) untuk mempromosikan kesadaran tentang autisme.

Autisme, seperti dibaca di wikipedia, merupakan kelainan perkembangan sistem saraf pada seseorang yang kebanyakan diakibatkan oleh faktor hereditas dan kadang-kadang telah dapat dideteksi sejak usia enam bulan. Seseorang dikatakan menderita autisme apabila mengalami satu atau lebih dari karakteristik berikut: kesulitan dalam berinteraksi sosial secara kualitatif, kesulitan dalam berkomunikasi secara kualitatif, menunjukkan perilaku repetitif, dan mengalami perkembangan yang terlambat atau tidak normal.

Satu dari 68 anak di Amerika memiliki gangguan spektrum autism (ASD), menurut laporan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC). Laporan pada tahun 2014 oleh CDC memperkirakan satu dari 42 anak laki-laki memiliki autisme, 4,5 kali lebih banyak daripada anak perempuan (satu dari 189).

The Sesame Street dan Autisme: See All in Amazing Children, program tersebut telah tersedia sebagai aplikasi pada komputer. Program tersebut akan menjadi sumber daya dalam membantu keluarga, teman, dan anak lain yang mengalami autisme.

Sesame Workshop bekerja sama dengan 14 perusahaan lainnya, termasuk Yale Child Study Center dan Autisme Speaks.

Dalam buku cerita digital dikisahkan Elmo bermain dengan Julia di tempat bermain dan membantu temannya Abby Cadabby memahami bahwa Julia bermain dengan cara yang berbeda dari mereka. Melalui kesabaran dan pengertian, ia membantu Abby memahami Julia.

“Ayah Elmo mengatakan kepada Elmo bahwa Julia memiliki autisme,” katanya. “Jadi dia melakukan hal-hal yang sedikit berbeda. Kadang-kadang Elmo berbicara dengan Julia dengan kata-kata sedikit dan mengatakan kata-kata berulang kali.”

Sesame Street menggunakan hashtag #SeeAmazing untuk mengajak orang berbagi cerita, video dan gambar di media sosial, untuk menjaga percakapan dan jaringan untuk dukungan berkelanjutan. (cnn.com)

Editor : Sotyati


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home