Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 09:19 WIB | Senin, 28 Maret 2022

Junta Militer Mynamar Tolak Negosiasi dengan Kelompok Perlawanan

Junta Militer Mynamar Tolak Negosiasi dengan Kelompok Perlawanan
Jenderal Senior Min Aung Hlaing, kepala dewan militer, memeriksa para perwira selama parade memperingati Hari Angkatan Bersenjata Myanmar ke-77 di Naypyitaw, Myanmar, Minggu, 27 Maret 2022. Acara ini memperingati perlawanan terhadap penjajah Jepang selama Perang Dunia II, dan adalah unjuk kekuatan saat militer memerangi perlawanan bersenjata terhadap kudeta tahun lalu yang menggulingkan pemerintah terpilih Aung San Suu Kyi. (Foto-foto: AP/Aung Shine Oo)
Junta Militer Mynamar Tolak Negosiasi dengan Kelompok Perlawanan
Perwira militer Myanmar pada parade untuk memperingati Hari Angkatan Bersenjata Myanmar ke-77 di Naypyitaw, Myanmar, Minggu, 27 Maret 202.
Junta Militer Mynamar Tolak Negosiasi dengan Kelompok Perlawanan
Perwira militer Myanmar pada parade untuk memperingati Hari Angkatan Bersenjata ke-77 Myanmar di Naypyitaw, Myanmar, Minggu, 27 Maret 2022.

NAYPYITAW, SATUHARAPAN.COM-Pemimpin militer Myanmar berjanji untuk mengintensifkan tindakan terhadap kelompok-kelompok milisi lokal yang memerangi pemerintah yang dikuasai militer, dengan mengatakan angkatan bersenjata akan "memusnahkan" mereka.

Jenderal Senior Min Aung Hlaing, berbicara pada parade militer menandai Hari Angkatan Bersenjata, juga mendesak etnis minoritas untuk tidak mendukung kelompok-kelompok yang menentang kekuasaan tentara, dan mengesampingkan negosiasi dengan mereka.

Militer merebut kekuasaan tahun lalu dari pemerintah Aung San Suu Kyi yang terpilih secara demokratis. Pasukan keamanan menggunakan kekuatan mematikan untuk menekan protes massal nasional, yang mengakibatkan kematian lebih dari 1.700 warga sipil, menurut penghitungan rinci yang dikumpulkan oleh Asosiasi Bantuan untuk Tahanan Politik.

Banyak dari mereka yang menentang kekuasaan militer mengangkat senjata, membentuk ratusan kelompok milisi yang disebut Pasukan Pertahanan Rakyat, lebih dikenal sebagai PDF. Di beberapa bagian negara, mereka telah bergabung dengan kelompok bersenjata etnis yang terorganisir dengan baik, yang telah berjuang untuk otonomi yang lebih besar selama beberapa dekade.

Min Aung Hlaing, hari Minggu (27/3) berbicara kepada ribuan personel militer pada parade Hari Angkatan Bersenjata tahunan di ibukota Naypyitaw, mengatakan dia tidak akan bernegosiasi dengan “kelompok teroris dan pendukung mereka untuk membunuh orang tak bersalah” dan mengancam perdamaian dan keamanan.

Dia mengatakan militer, yang dikenal sebagai Tatmadaw, “akan memusnahkan mereka sampai akhir,” menurut terjemahan resmi pidatonya.

Pemerintahannya telah mendeklarasikan organisasi perlawanan besar, terlepas dari apakah mereka terlibat langsung dalam perjuangan bersenjata, sebagai kelompok teroris. Keanggotaan atau bahkan kontak dengan mereka membawa hukuman berat di bawah hukum.

"Saya ingin menggarisbawahi bahwa tidak ada pemerintah atau tentara di seluruh dunia yang bernegosiasi dengan kelompok teroris mana pun," katanya.

Terlepas dari keuntungan besar dalam peralatan dan jumlah, militer Myanmar telah berjuang untuk menghancurkan unit-unit milisi baru. Kalah dalam jumlah pasukan dan senjata, PDF mengandalkan dukungan dari masyarakat lokal dan pengetahuan tentang medan untuk melakukan serangan yang seringkali mengejutkan terhadap konvoi, patroli, pos jaga, kantor polisi dan pangkalan terisolasi di daerah terpencil.

Militer saat ini melakukan operasi di Sagaing, di Myanmar tengah atas, dan di Negara Bagian Kayah, di timur negara itu, menggunakan serangan udara, rentetan artileri, dan pembakaran desa. Tentara baru-baru ini tampaknya telah memperluas serangannya ke Negara Bagian Chin di barat dan Negara Bagian Kayin di tenggara juga.

Kelompok oposisi utama, Pemerintah Persatuan Nasional, mendesak orang-orang untuk bergabung dalam "Mogok Kekuasaan" hari Minggu malam dengan mematikan lampu dan televisi mereka selama 30 menit sementara parade militer disiarkan di saluran TV milik pemerintah.

Kelompok itu mengatakan pemogokan juga dimaksudkan untuk memprotes pemadaman listrik setiap hari. Pemadaman listrik dimulai beberapa bulan yang lalu, dan pemerintah yang menyalahkan harga gas yang tinggi dan kerusakan saluran listrik yang disebabkan oleh sabotase.

Amerika Serikat, Uni Eropa dan 20 negara lain mengeluarkan pernyataan yang menandai Hari Angkatan Bersenjata dengan mengingat “mereka yang terbunuh dan terlantar akibat kekerasan selama setahun terakhir, termasuk setidaknya 100 orang yang terbunuh pada hari ini saja satu tahun yang lalu.”

Kelompok negara itu meminta militer untuk menghentikan kekerasannya dan kembali ke pemerintahan demokratis, dan mendesak negara-negara untuk tidak memasok senjata ke Myanmar.

AS, Inggris dan Kanada pada Sabtu memberlakukan serangkaian sanksi terkoordinasi terbaru terhadap pejabat militer senior dan pemimpin bisnis yang diduga bertindak sebagai pedagang senjata untuk tentara Myanmar.

Sanksi baru datang pada minggu yang sama ketika AS mengumumkan telah menentukan tindakan militer dalam tindakan keras terhadap kelompok etnis Muslim Rohingya pada tahun 2017 merupakan genosida. Sebuah kampanye kontra-pemberontakan brutal memaksa lebih dari 700.000 Rohingya untuk melarikan diri dari Myanmar barat ke Bangladesh, di mana hampir semuanya tetap tinggal.

Kekejaman yang dilakukan oleh tentara terhadap Rohingya telah didokumentasikan dengan baik oleh penyelidik PBB, dan Pengadilan Dunia sedang mempertimbangkan tuduhan genosida terhadap Tatmadaw. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home