Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 16:43 WIB | Rabu, 23 Maret 2022

Utusan ASEAN: Hanya Sedikit Kemajuan di Myanmar

Foto yang disediakan oleh Military True News Information Team, Ketua Dewan Administrasi Negara Myanmar, Jenderal Senior Min Aung Hlaing, kanan, berjabat tangan dengan Menteri Luar Negeri Kamboja dan Utusan Khusus ASEAN untuk Myanmar, Prak Sokhonn, selama pertemuan di Naypyitaw, Myanmar, Senin (21/3).. Sokhonn tiba pada Senin di ibu kota Myanmar, Naypyitaw, dalam misinya sebagai utusan khusus regional yang berupaya memfasilitasi perdamaian di negara yang dipimpin militer yang dilanda perselisihan itu. (Foto: via AP)

PHNOM PENH, SATUHARAPAN.COM-Menteri luar negeri Kamboja pada hari Rabu (23/3) mengklaim kemajuan kecil dalam misinya sebagai utusan khusus regional yang berusaha untuk memfasilitasi perdamaian di Myanmar yang dilanda perselisihan.

Prak Sokhonn, mewakili Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (ASEAN), berbicara setelah kembali dari kunjungannya ke Myanmar yang dikuasai militer, yang terjerumus ke dalam krisis politik kekerasan yang berkepanjangan setelah tentara merebut kekuasaan tahun lalu.

Dia mengatakan dia didorong oleh pemerintah militer yang mengizinkan dia untuk bertemu dengan berbagai pihak dalam konflik, tetapi pesimis tentang peluang untuk gencatan senjata untuk mengakhiri kekerasan.

Ketidakpuasan rakyat dengan penggulingan pemimpin terpilih negara itu oleh militer, Aung San Suu Kyi, telah berubah menjadi apa yang oleh beberapa pakar PBB sebutkan sebagai perang saudara, yang juga mengarah ke krisis kemanusiaan dengan ratusan ribu orang terlantar.

Prak Sokhonn mengadakan diskusi pada hari Senin dan Selasa dengan pemimpin Myanmar, Jenderal Senior Min Aung Hlaing, dan anggota kabinetnya tentang konsensus lima poin ASEAN tentang Myanmar, yang dikeluarkan pada April tahun lalu.

Dia juga bertemu dengan diplomat dari negara-negara ASEAN lainnya dan PBB, serta Ko Ko Gyi, seorang politisi Myanmar yang paling dikenal sebagai aktivis dalam pemberontakan yang gagal pada tahun 1988 melawan kekuasaan militer.

Myanmar, meskipun anggota ASEAN, tidak berbuat banyak untuk melaksanakan rencana tersebut, yang menyerukan penghentian segera kekerasan, dialog di antara semua pihak terkait, mediasi oleh utusan khusus ASEAN, pemberian bantuan kemanusiaan melalui saluran ASEAN, dan kunjungan ke Myanmar oleh utusan khusus untuk bertemu semua pihak terkait.

Poin utama yang mencuat adalah penolakan Myanmar pada utusan khusus ASEAN sebelumnya untuk bertemu dengan Suu Kyi, yang telah ditahan sejak tentara merebut kekuasaan pada Februari 2021. ASEAN sebagai tanggapan mengucilkan Myanmar dengan menghalangi para pemimpinnya menghadiri pertemuan-pertemuan besar regional. pengelompokan. Min Aung Hlaing tidak diundang ke pertemuan virtual para pemimpin ASEAN Oktober lalu karena ketidaksepakatan.

Prak Sokhonn mengatakan Min Aung Hlaing mengulangi penjelasan publik sebelumnya bahwa berdasarkan undang-undang, pertemuan dengan Suu Kyi tidak diizinkan selama ada proses hukum yang sedang berlangsung terhadapnya. Dia didakwa dengan lebih dari selusin pelanggaran yang diklaim oleh para pendukungnya sebagai penyimpangan keadilan untuk membuatnya tetap terkunci dan keluar dari politik.

Prak Sokhonn mengatakan Min Aung Hlaing menyatakan dia akan mempertimbangkan semua permintaan untuk bertemu dengan Suu Kyi serta tokoh-tokoh lainnya di masa depan.

Diplomat Kamboja itu menggambarkan posisi sang jenderal sebagai “seperti membuka jendela untuk membiarkan cahaya masuk,” dengan membuka jalan bagi semua pihak terkait untuk akhirnya mencapai rekonsiliasi nasional. Namun, kata dia, pihak-pihak yang bertikai saat ini sepertinya tidak mau berunding, malah terus berjuang.

Bantuan kemanusiaan ditimbun di Myanmar, tetapi tidak dapat didistribusikan karena pertempuran yang sedang berlangsung, kata Prak Sokhonn, seraya menambahkan bahwa ia mengusulkan diadakannya konferensi semua pihak terkait pada bulan April atau Mei untuk membahas pembagian bantuan yang adil.

Penentang pemerintah militer mengritik ASEAN karena gagal berbuat lebih banyak untuk membantu memulihkan perdamaian dan demokrasi, tetapi kelompok oposisi utama, Pemerintah Persatuan Nasional, mengatakan bersedia untuk terlibat dengan pengelompokan regional.

Prak Sokhonn membantah kritik bahwa misinya meningkatkan legitimasi yang diperebutkan dari pemerintah militer Myanmar, dengan mengatakan bahwa Kamboja hanya berusaha membantu membangun kembali perdamaian. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home