Loading...
INSPIRASI
Penulis: Esther GN Telaumbanua 00:00 WIB | Rabu, 22 Januari 2014

Just Do It!

Bahagiakan mereka! (foto: istimewa)

SATUHARAPAN.COM – Kepada seorang sahabat yang merayakan HUT ibunya ke-80, saya berkata, ”Usia panjang itu bonus, tetapi ada batasnya. Selama masih bisa, apa saja yang bisa membahagiakannya, lakukan saja. Just do it.” Saya sampaikan kepadanya karena  teringat ibu saya yang tidak berusia  sepanjang  itu.

Belum lewat tiga bulan, ibu sahabat saya itu tiba-tiba meninggal dunia. Ketika meninggal, beliau sedang  bersukacita dalam liburan panjang  Natal di kampung halaman bersama semua  anaknya. Saat-saat sukacita yang kelak  menjadi kenangan indah bagi keluarga besar sahabat saya itu.

Bulan lalu beberapa kali saya menangis karena teringat kedua orangtua saya. Kerinduan itu begitu besar. Terutama ketika saya menghadapi masalah sulit dan belum menemukan jalan keluar. Saat dalam kesendirian merenung, tidak terasa saya menangis. Bukan karena masalah yang menimpa.

Yang membuat sedih adalah kerinduan akan pelukan hangat, nasihat yang membesarkan hati, ucapan yang menguatkan dari orang-orang yang tulus mengasihi kita. Kedua orangtua adalah sosok yang menginspirasi kehidupan anak-anaknya. Orangtua mendidik anak-anaknya menghadapi masalah,  berpengalaman menyiasati kehidupan, serta bagaimana tetap tersenyum dalam kesulitan. Tidak ada orangtua yang ingin anak-anaknya hancur apalagi membiarkannya terjerumus.  Walaupun nasihat mereka  dahulu sering dirasakan sebagai hentakan, amarah dan cambukan, sesungguhnya itulah elusan paling hangat dan pelukan paling menguatkan hati dan iman. 

Saya ingat, semarah-marahnya mereka, sebesar apa pun masalah anaknya, mereka tidak akan tinggal diam. Banyak kali beban anak ditanggung oleh orangtua tanpa mengeluh sedikit pun. Merupakan keuntungan bagi saya memiliki mereka sebagai orangtua. Seandainya mereka masih ada, saya  pasti berada di dalam ketulusan doa-doa mereka.  Saat mereka sudah tiada, sesungguhnya kita makin menyadari bahwa mereka sangat berarti.

Just do it. Lakukan saja, jangan tunggu! Bahagiakan dan senangkan hati orangtua kita saat mereka masih ada. Sayangi dan kasihilah mereka. Sebab akan ada saat mereka meninggalkan kita. Pada saat kita merindukan kehadiran mereka, kita akan bersyukur memiliki kenangan indah  bersama mereka.

Editor: ymindrasmoro

Email: inspirasi@satuharapan.com


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home