Loading...
INDONESIA
Penulis: Reporter Satuharapan 15:45 WIB | Rabu, 08 Januari 2014

Jusuf Kalla Mengunjungi Pengungsi Sinabung

Jusuf Kalla saat mengunjungi pengungsi letusan Gunung Sinabung (Foto : jusufkalla.info)

KARO, SUMATERA UTARA, SATUHARAPAN.COM – Mantan Wakil Presiden RI sekaligus Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI), Muhammad Jusuf Kalla (JK) pada Selasa (7/1) mengunjungi para pengungsi letusan Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Tidak ada korban tewas akibat letusan ini. Namun sampai saat ini, jumlah pengungsi telah mencapai 22 ribu jiwa.

JK menyatakan bahwa pertolongan medis dari rumah sakit-rumah sakit sangat dibutuhkan untuk menangani luka bakar yang diderita oleh pengungsi.

Dalam kunjungannya kali ini, JK juga mengapresiasi usaha dan kerja keras para relawan. “Terima kasih banyak kepada seluruh relawan PMI Pusat yang telah bekerja keras selama dua bulan terakhir. Tentu kita tidak pernah mengharapkan adanya bencana, tapi kita selalu siap untuk menghadapinya,” ungkap JK. Ia juga menyampaikan terima kasih pada PMI sekitar Medan seperti PMI Aceh dan PMI Sumatera Utara, serta dari wilayah lainnya.

Menurut JK, tidak ada satu hal pun yang bisa membatasi manusia untuk menolong sesamanya, tidak juga batas geografis. “Siapa yang mampu, itulah yang menolong. Bahkan kita sampai ke luar negeri seperti ke Filipina (baru-baru ini),” lanjutnya lagi.

JK menilai bahwa jika dibandingkan dengan warga sekitar gunung berapi lainnya, warga sekitar Sinabung sudah cukup siap menghadapi bencana ini sehingga dapat menghindari jatuhnya korban tewas.

Selanjutnya JK berpesan agar PMI dalam upayanya membantu pengungsi Sinabung untuk selalu siap melakukan penanganan medis. Ia juga mengingatkan bahwa siapa pun dapat turut membantu meringankan beban korban Sinabung.

Khusus kepada para relawan, JK mengimbau mereka untuk terus bersemangat, bahkan menularkan semangat kepada para pengungsi.

“Bantulah para korban dengan semangat sukarela. Hiburlah para korban dengan semangat,” pesannya lagi. (jusufkalla.info)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home