Loading...
EKONOMI
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 22:28 WIB | Sabtu, 07 Februari 2015

Kadin Apresiasi Pembentukan Badan Ekonomi Kreatif

Pertemuan Kadin Indonesia bidang Ekonomi Kreatif dan MICE (Meeting, Incentive Travels, Convention, Exhibition). (Foto: Dok Kadin)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) mengapresiasi Pembentukan Badan Ekonomi Kreatif yang digagas oleh Presiden Joko Widodo. Triawan Munaf telah ditunjuk dan dilantik oleh Presiden sebagai Kepala Badan.  Menurut Kadin, langkah ini merupakan tanggapan positif dari Presiden terhadap usulan Kadin yang pernah disampaikan pada November 2014 lalu.

“Kadin pernah mengusulkan struktur kelembagaan yang kaya fungsi tetapi cukup ramping sehingga mampu menjangkau cakupan ekonomi kreatif yang luas tetapi cukup efisien dalam operasional di lapangan,” kata Kadin dalam sebuah pernyataan di Jakarta, Kamis (5/2).

“Hal itu tercermin dengan adanya enam deputi yaitu riset edukasi dan pengembangan, deputi akses permodalan, deputi infrastruktur, deputi pemasaran, deputi fasilitasi hak kekayaan intelektual (HKI) dan deputi hubungan dan pengembangan antarwilayah. Kadin juga mengusulkan adanya Komite Ahli yang berasal dari pelaku industri kreatif yang dapat membantu Kepala Badan mengambil kebijakan.”

Kadin mengingatkan ada tiga tujuan utama pendirian badan ini, yaitu melipatgandakan jumlah intellectual property (IP) dan merek yang dimiliki Indonesia, meningkatkan kuantitas dan kualitas wirausaha dan penyerapan tenaga kerja kreatif dan mendorong peningkatan investasi di bidang industri kreatif.

Kebutuhan pelaku usaha secara fungsional seperti pembiayaan, pemasaran, pengembangan teknologi, pemberdayaan sumber daya manusia, dan dukungan proses produksi dan bahkan advokasi dapat terlayani oleh badan ini.

Di lain pihak kebutuhan-kebutuhan yang lebih spesifik yang diperlukan kelompok-kelompok ekonomi kreatif berdasarkan kesamaan dan kedekatan sifat usahanya juga terakomodir secara memadai dalam struktur organisasi ini. Koordinasi antar Deputi dan eselon-eselon yang ada di bawahnya  sangat menentukan efektivitas kerja badan.

“Sebagai mitra kerja pemerintah, dan tempat bernaungnya hampir seluruh asosiasi industri kreatif, kami siap mendukung program kerja Badan Ekonomi Kreatif terutama dalam upaya mencapai target yang ditetapkan pemerintah yaitu peningkatan kontribusi terhadap PDB sebesar 14 persen, dua kali lipat dari kontribusi industri kreatif terhadap PDB nasional saat ini yang mencapai 7 persen” kata Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Industri Kreatif dan MICE Budyarto Linggowiyono di Menara Kadin, Jakarta (27/1). (kadin-indonesia.or.id) 

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home