Loading...
EKONOMI
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 12:38 WIB | Jumat, 11 September 2015

Kadin Tunggu Paket Kebijakan Ekonomi Diimplementasikan

Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Perbankan dan Finansial, Rosan P. Roeslani. (Foto: Kadin)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menyambut baik paket kebijakan ekonomi yang telah dikeluarkan oleh pemerintah pada Rabu (9/9) lalu. Bagi dunia usaha, ini merupakan sebuah terobosan dan sangat ditunggu untuk segera diimplementasikan.

"Langkah selanjutnya Pemerintah diharapkan segera bergerak cepat dalam mengimplementasikan paket kebijakan tersebut dengan mengajak dunia usaha untuk merespons secara tepat dan cepat situasi ekonomi saat ini melalui perumusan kebijakan jangka pendek yang diperlukan dunia usaha," kata Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Perbankan dan Finansial, Rosan P. Roeslani dalam acara dialog pengusaha Nasional - Lokal di Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (10/9).

Menurutnya, banyak sumbatan dalam pembangunan ekonomi yang membutuhkan deregulasi. Salah satunya adalah terkait daya saing industri nasional melalui revitalisasi industri yang 10 tahun terbengkalai karena Indonesia terlena dengan harga komoditi primer, struktur industri nasional yang belum kuat dan dalam, belum optimalnya alokasi sumber daya energi dan bahan baku serta pembiayaan industri.

"Industri bisa menjadi fondasi baru perekonomian nasional. Yang dimaksud dengan industri tidak hanya sebatas teknologi fabrikasi dan manufaktur, tetapi lebih pada peningkatan nilai tambah produk," kata Rosan.

Dia menambahkan ada tiga sektor industri yang perlu mendapatkan penekanan. Yaitu, industri berbasis agribisnis, industri berbasis komoditas dan industri berbasis maritim.

Menurutnya, jika tiga sektor itu tidak diperhatikan maka petani, nelayan dan peternak tidak akan berdaya dan sejahtera karena selama ini hidup mereka ditentukan oleh para tengkulak dan pedagang besar.

“Kalau ini dibiarkan, maka struktur ekonomi kita tidak produktif, melainkan eksploitatif," kata dia.

 

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home