Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Kartika Virgianti 00:33 WIB | Jumat, 09 Mei 2014

Kamis Pagi Monas Mulai ‘Dimandikan’

Senior Manager Marketing and Business Development PT Karcher Indonesia, Fransisca Natalia, dan General Manager PT Karcher Indonesia, Roland Staehler. (Foto: Kartika Virgianti)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Monumen Nasional (Monas) memasuki hari keempat dari keseluruhan rangkaian kegiatan pembersihan. Namun pengerjaan pembersihannya sendiri baru dimulai pada Kamis (8/5). Kegiatan yang diperkirakan memakan waktu selama dua pekan ini dilaksanakan hasil kerja sama Pemprov DKI Jakarta bersama PT Kaercher Indonesia.

Sebelumnya acara syukuran dan doa telah dilakukan pada Senin (5/5), dan pada dua hari berikutnya, tim perusahaan asal Jerman itu melaksanakan pemasangangan (instal) peralatan. Selanjutnya, pembersihan dikerjakan pada pukul 08.00-18.00 WIB.

General Manager PT Kaercher Indonesia, Roland Staehler mengatakan dirinya memang belum melihat kondisi Monas pada pembersihan terakhir 22 tahun lalu, yaitu pada 1992. Tetapi ia yakin apa yang dikerjakan timnya akan membuat penampilan Monas menjadi lebih baik kembali.

Sedangkan Senior Manager Marketing and Business Development PT Kaercher Indonesia, Fransisca Natalia menuturkan, kegiatan 'memandikan' Monas itu, oleh Pemprov DKI Jakarta memang sudah direncanakan sejak 2010 lalu.

“Sebenarnya ini adalah langkah awal dari Kaercher Indonesia, jadi tidak hanya membersihkan Monas tapi kita punya program Govern Clean Jakarta, yang nantinya akan ditandatangani bersama dengan Pak Basuki Tjahaja Purnama (Wakil Gubernur DKI) pada tanggal 19 Mei ini, untuk membantu Pemprov DKI agar Jakarta menjadi lebih bersih,” kata Fransisca kepada wartawan di kawasan Monas.

Total tim berjumlah 20 orang, di mana 17 orang Indonesia, sedangkan tiga lainnya merupakan tim ahli dari Jerman. Tim sendiri, dikatakan Fransisca dibagi dua, yaitu tim Kaercher Indonesia mengerjakan cawan bawah, kemudian tim Kaercher Jerman bagian tugu Monas.

Tim Kaercher dipilih Pemprov DKI berdasarkan keahlian dan juga pengalaman mereka yang sudah membersihkan banyak monumen maupun gedung di seluruh dunia. Misalnya pengalaman saat membersihkan Gunung Rushmore di Amerika Serikat.

“Jadi sehari-harinya mereka keliling dunia untuk membersihkan monumen-monumen di seluruh dunia,” kata Fransisca.

Seluruh pekerjaan ditargetkan 15 Mei sore sudah selesai semua.

“Tanggal 15 Mei itu, kita mengundang masyarakat yang tinggal di Jakarta untuk datang ke Monas dan ikut dalam acara Monas Fun Cleaning Day bersama Kaercher. Nanti yang mau daftar, harus masuk ke Facebook kita, Kaercher Indonesia,” tandas Fransisca.

 

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home