Loading...
INDONESIA
Penulis: Endang Saputra 15:59 WIB | Selasa, 02 Desember 2014

Kapolri: Salah Satu Permasalahan Kurangnya Anggaran Operasional

Kapolri Jenderal Polisi Sutarman. (Foto: dok. satuharapan.com/Martahan Lumban Gaol)

SEMARANG, SATUHARAPAN.COM - Kapolri Jenderal Polisi Sutarman mengatakan, salah satu permasalahan yang dihadapi pihak kepolisian adalah permasalahan kurangnya anggaran operasional guna mengoptimalkan tugas penegakan hukum yang dilaksanakan institusi tersebut.

"Menurut pandangan kami, permasalahan tersebut salah satunya disebabkan oleh minimnya anggaran operasional," kata Kapolri saat memberikan sambutan dalam acara apel pengarahan kepala satuan wilayah (Kasatwil) dari seluruh Indonesia di Akademi Kepolisian, Semarang, Selasa (2/12).

Kapolri mencontohkan, dukungan anggaran operasional terkait tugas patroli lalu lintas, rata-rata untuk BBM kendaraan Polri diberikan 2 liter/hari untuk kendaraan roda dua dan 6 liter/hari untuk kendaraan roda empat.

Dengan jatah BBM yang dinilai minim tersebut, kata dia, tetap jajaran Polri harus memerintahkan bahwa kendaraan patroli harus tetap berjalan setiap harinya.

Ia mengungkapkan, jumlah anggaran BBM khusus patroli khusus untuk 2013 adalah sekitar Rp 300 miliar dan pada 2014 jumlah tersebut meningkat secara signifikan yaitu mencapai lebih dari Rp 900 miliar.

Namun, lanjutnya, jumlah yang ideal bagi anggaran khusus untuk BBM adalah sekitar Rp 3,5 triliun per tahunnya.

Ia berpendapat, pemenuhan anggaran operasional dalam jumlah yang memadai sehingga dinilai bisa mengurangi berbagai bentuk penyimpangan yang terjadi di lapangan.

Kapolri juga menyebutkan, anggaran yang memadai juga diperlukan antara lain untuk patroli kapal laut yang dimiliki kepolisian.

"Itu juga dibutuhkan anggaran yang cukup besar," katanya.

Polri, kata dia, siap untuk mendukung kebijakan pemerintah seperti dalam mendukung sektor perpajakan yang merupakan salah satu sumber anggaran terbesar bagi pemerintah.

"Sehingga anggaran ini bisa dimanfaatkan oleh kementerian dan lembaga secara maksimal," kata Kapolri.

Berdasarkan data Polri, sebanyak 408.333 personil polisi tersebar di 31 Polda, 451 Polres, 4.773 Polsek, dan 739 Polsubsektor.

Ia mengutarakan harapannya agar kekuatan Polri bisa menjangkau seluruh desa dan kelurahan di Tanah Air. (Ant) 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home