Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 14:10 WIB | Jumat, 05 Februari 2016

Kasus Perempuan Hamil dengan Virus Zika Pertama di Eropa

Ilustrasi: Dalam beberapa bulan terakhir banyak wanita hamil di Amerika Latin yang terinfeksi virus zika. (Foto: ndtv.com)

SPANYOL, SATUHARAPAN.COM - Spanyol memastikan seorang perempuan hamil didiagnosa dengan virus Zika, yang merupakan kasus pertama di kawasan Eropa.

Kementerian Kesehatan negara itu menyatakan, perempuan yang tinggal di wilayah Katalunya itu baru kembali di Kolombia, yang diyakini merupakan tempat dia terinfeksi.

Zika yang menyebar di kawasan Amerika Latin, dikaitkan dengan microcephaly atau kelahiran bayi dengan ukuran otak lebih kecil, walaupun para ahli mengatakan hubungan sebab akibatnya masih harus perlu dibuktikan.

Badan Kesehatan Dunia, WHO, sudah menyatakan virus Zika sebagai keadaan darurat global.

WHO pada hari Kamis (4/2) juga menyarankan, agar tidak menerima donor darah dari orang-orang yang melakukan perjalanan ke negara-negara yang terserang Zika.

Virus Zika umumnya ditularkan lewat nyamuk, namun di AS ditemukan penularan lewat hubungan seks.

Dalam pernyataannya, Kementerian Kesehatan Spanyol mengatakan ada enam pasien lagi yang terinfeksi virus Zika, termasuk seorang di ibu kota Madrid.

"Semuanya dalam kondisi yang baik," kata pernyataan itu.

Ditambahkan, tidak ada risiko virus menyerang di Spanyol, karena semuanya merupakan 'kasus impor'.

Virus, yang umumnya menyebar lewat nyamuk ini, mewabah di sejumlah negara di Amerika Selatan dan Tengah serta di Karibia, dengan perkiraan sekitar empat juta orang terinfeksi di seluruh dunia.

Bagaimanapun, di Amerika Serikat ditemukan pasien yang terinfeksi virus Zina melalui hubungan seks, dengan pasangannya yang baru kembali dari Venezuela. (bbc.com)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home