Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 11:34 WIB | Senin, 08 Agustus 2016

Kawasan Miami Aman Dikunjungi meski Terserang Wabah Zika

Ilustrasi Carlos Vargas pekerja pengendalian nyamuk di Dade Miami, sedang memeriksa wilayah yang terpapar virus Zika. (Foto: dailymail.co.uk)

WASHINGTON, SATUHARAPAN.COM – Gubernur Florida, Rick Scott menyatakan kawasan Miami yang menjadi pusat wabah pertama virus Zika di Amerika Serikat (AS) masih aman untuk dikunjungi.

“Kami melakukan upaya yang sangat baik, untuk mencoba memberantas nyamuk tersebut, kami telah dapat mengurangi area yang kami khawatirkan sekitar 10 blok,“ kata dia dalam acara Meet the Press NBC. pada Jumat (5/8).

Pusat Kendali dan Pencegahan Penyakit (Centers for Disease Control and Prevention/CDC) pada Senin (8/8), mengeluarkan peringatan perjalanan domestik untuk bagian utara pusat kota Miami, tempat penyebaran virus yang ditularkan oleh nyamuk itu. 

Secara khusus, peringatan tersebut mengimbau para perempuan yang hamil untuk tidak pergi ke daerah itu, sebuah distrik populer yang juga dikenal dengan nama Wynwood, atau berkonsultasi dengan dokter mereka jika tinggal di sana.

Virus tersebut, dapat menyebabkan mikrosefalus, cacat lahir yang mengakibatkan kepala bayi yang baru lahir kecil secara abnormal dan kerusakan permanen pada otak.

Scott mengatakan, ia telah mengunjungi kawasan itu pada Kamis (4/8) dan menyatakan bahwa kawasan tersebut benar-benar aman.

“Kami dapat memastikan bahwa setiap ibu yang hamil memiliki kesempatan untuk mendapatkan penilaian dan uji kesehatan jika mereka menginginkannya di sini,” kata dia.

Pihaknya akan menjaga semua informasi dan bekerja keras untuk menjaga wilayah tersebut tetap aman dari serangan virus Zika.

Dia telah meminta CDC menyediakan 10.000 peralatan tambahan untuk pencegahan Zika, antara lain  obat nyamuk, kondom dan  alat untuk membersihkan saluran air. 

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home