Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 04:49 WIB | Sabtu, 08 Januari 2022

Kazakhstan: Presiden Perintahkan Tembak di Tempat Para Pengunjuk Rasa

Para pengunjuk rasa menyerbu balai kota Almaty, kota terbesar Kazakhstan, pada 6 Januari 2022. (Foto: dok. AFP)

ALMATY, SATUHARAPAN.COM-Presiden Kazakhstan Kassym-Jomart Tokayev mengatakan pada hari Jumat (7/1) bahwa dia telah memerintahkan personel keamanan untuk melepaskan tembakan tanpa peringatan jika terjadi gangguan lebih lanjut, menambahkan bahwa mereka yang gagal untuk menyerah akan “dihancurkan.”

Hingga 20.000 "bandit" telah menyerang ibu kota keuangan Almaty dan menghancurkan properti negara, kata Tokayev dalam pidato yang disiarkan televisi.

Dia mengatakan pasukan penjaga perdamaian yang dikirim dari Rusia dan negara-negara tetangga telah tiba atas permintaan Kazakhstan dan berada di negara itu untuk sementara guna memastikan keamanan.

Tokayev juga berterima kasih kepada Presiden Rusia, Vladimir Putin, serta para pemimpin China, Uzbekistan dan Turki atas bantuan mereka dalam memadamkan pemberontakan.

Sebelumnya pada hari Jumat, dia mengatakan bahwa tatanan konstitusional sebagian besar telah dipulihkan di negara Asia Tengah yang dilanda kerusuhan pekan ini, kantornya mengutipnya dalam sebuah pernyataan.

Kementerian dalam negeri Kazakhstan mengatakan dalam sebuah pernyataan terpisah bahwa 26 "penjahat bersenjata" telah "dilikuidasi" dan lebih dari 3.000 dari mereka ditahan, sementara 18 polisi dan prajurit penjaga nasional tewas sejak dimulainya protes.

“Operasi anti teroris telah diluncurkan. Aparat hukum dan ketertiban bekerja keras. Tatanan konstitusional sebagian besar telah dipulihkan di semua wilayah negara,” kata Tokayev.

“Pihak berwenang setempat mengendalikan situasi. Tapi teroris masih menggunakan senjata dan merusak properti warga. Oleh karena itu, tindakan kontra teroris harus dilanjutkan sampai para militan benar-benar dimusnahkan,” tambahnya.

Pada Jumat pagi, koresponden Reuters melihat pengangkut pribadi lapis baja dan prajurit militer di alun-alun utama Almaty, kota terbesar di Kazakhstan, tempat tentara menembaki pengunjuk rasa sehari sebelumnya.

Beberapa ratus meter jauhnya, koresponden Reuters melihat mayat di dalam mobil sipil yang rusak berat. Di bagian lain kota mereka melihat sebuah toko yang digeledah yang biasa menjual amunisi. Para koresponden juga melihat kendaraan militer dan sekitar 100 orang berseragam militer di alun-alun lain di Almaty.

Pasukan penjaga perdamaian aliansi militer yang dipimpin Moskow dari negara-negara bekas Soviet, yang dipanggil oleh Tokayev pekan ini, saat ini tiba di Kazakhstan tetapi tidak terlibat dalam pertempuran atau dalam “pemusnahan militan,” kata pemerintahan Tokayev.

Pasukan Organisasi Perjanjian Keamanan Kolektif (CSTO) akan menyediakan fungsi perlindungan dan keamanan, katanya.

Pasukan penjaga perdamaian CSTO secara keseluruhan akan berjumlah sekitar 2.500 dan akan tinggal di Kazakhstan selama beberapa hari atau pekan, kantor berita RIA mengutip sekretaris jenderal aliansi pada hari Kamis.

Kekerasan tersebut belum pernah terjadi sebelumnya di negara yang diperintah secara otoriter sejak zaman Soviet oleh pemimpin Nursultan Nazarbayev, yang telah memegang kendali meskipun mengundurkan diri tiga tahun lalu sebagai presiden.

Pemberontakan, yang dimulai sebagai protes terhadap kenaikan harga bahan bakar Hari Tahun Baru, meluas pada hari Rabu, ketika pengunjuk rasa meneriakkan slogan-slogan menentang Nazarbayev menyerbu dan membakar gedung-gedung publik di Almaty dan kota-kota lain. Para pengunjuk rasa menuduh keluarga dan sekutu Nazarbayev mengumpulkan kekayaan besar sementara negara berpenduduk 19 juta itu tetap miskin.

Kerusuhan telah membuat internet dan sebagian besar bank ditutup di seluruh negeri. Penerus terpilih Nazarbayev, Tokayev, awal pekan ini menyalahkan kerusuhan itu pada teroris terlatih asing.

Identitas gerilyawan yang ditahan sedang ditetapkan, dan kemungkinan mereka tergabung dalam organisasi ekstremis sedang diselidiki, kata pemerintahan Tokayev pada hari Jumat.

Tokayev akan berpidato di depan rakyat pada hari Jumat, kata pemerintahannya, meminta orang-orang di Almaty untuk membatasi perjalanan mereka di sekitar kota sementara “pencarian bandit persembunyian yang tersisa sedang berlangsung.” (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home