Loading...
EKONOMI
Penulis: Martahan Lumban Gaol 15:42 WIB | Sabtu, 19 Maret 2016

Ke Jawa Timur, Presiden Resmikan Dua Proyek Infrastruktur

Presiden Jokowi (tengah) meresmikan Bendungan Nipah di Kabupaten Sampang, Madura. Bendungan Nipah diharapkan bisa mengairi sawah seluas 1.150 hektare. Area itu terdiri atas 925 hektare sawah baru yang merupakan pengembangan sawah tadah hujan. Sisanya, seluas 225 hektare, merupakan areal sawah existing. Di samping itu, Waduk Nipah ini juga dapat berfungsi sebagai konservasi sumber daya air dan daerah wisata serta perikanan air tebar. (Foto: Biro Pers Istana Presiden)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, dijadwalkan akan meresmikan dua proyek infrastruktur di Provinsi Jawa Timur dalam kunjungan kerja yang tengah dilangsungkannya hari ini, Sabtu (19/3). Kedua proyek itu adalah jalan tol Surabaya-Mojokerto (Sumo) seksi IV di Kabupaten Mojokerto dan peresmian Bendungan Nipah di Kabupaten Sampang, Madura.

Dalam keterangan tertulis yang diterima satuharapan.com dari Tim Komunikasi Presiden, Ari Dwipayana, hari Sabtu (19/3), jalan tol Sumo seksi IV yang akan diresmikan baru mencapai 18,47 kilometer. Jalan tol itu belum sepenuhnya rampung, karena ada 16,01 kilometer lagi yang masih dalam proses pengerjaan. Jalan tol Sumo dapat beroperasi penuh pada tahun 2017 mendatang.

Setelah meresemikan jalan tol Sumo seksi IV di Kabupaten Mojokerto, Presiden langsung menyeberang ke Kabupaten Sampang untuk meresmikan Bendungan Nipah, bendungan yang diharapkan bisa mengairi sawah seluas 1.150 hektare. Area itu terdiri atas 925 hektare sawah baru yang merupakan pengembangan sawah tadah hujan. Sisanya, seluas 225 hektare, merupakan areal sawah existing. Di samping itu, Waduk Nipah ini juga dapat berfungsi sebagai konservasi sumber daya air dan daerah wisata serta perikanan air tebar.

Bendungan Nipah

Saat meresmikannya, Presiden mengatakan Bendungan Nipah merupakan bukti tidak ada infrastruktur yang tidak bisa dibangun.

Pemerintah, katanya, sejak awal sudah mencanangkan program pembangunan 65 bendungan pada kurun waktu 2015- 2019. Dan Waduk Nipah, yang diresmikan oleh Presiden ini, merupakan bagian dari 65 waduk yang diharapkan dapat mempercepat terwujudnya ketahanan pangan dan air di Indonesia.

Malam harinya, Presiden dan Ibu Negara Iriana Jokowi direncanakan akan menghadiri resepsi pernikahan putri Gubernur Jawa Timur Soekarwo di Grand City, Surabaya. Presiden dan Ibu Iriana direncanakan akan kembali ke Jakarta pada hari Sabtu (19/3) malam.

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home