Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Febriana Dyah Hardiyanti 10:22 WIB | Selasa, 26 Januari 2016

Kemen PUPR Canangkan Gerakan Cinta Sumber Daya Air

Gerakan Cinta OP SDA Tingkatkan Kepedulian Pengelolaan Infrastruktur SDA. (Foto: pu.go.id)

YOGYAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mencanangkan gerakan sosial masyarakat untuk menumbuhkan kecintaan terhadap Operasi dan Pemeliharaan (OP) Sumber Daya Air (SDA) yang diberi nama Gerakan Cinta Operasi dan Pemeliharaan Sumber Daya Air (GCinOP-SDA).

Gerakan tersebut menurut Direktur Bina OP Direktorat Jenderal SDA Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Lolly Martina Martief, dalam acara Pencanangan Gerakan Cinta OP (GCinOP) SDA, hari Senin (25/1), di Yogyakarta, juga merupakan gerakan dari seluruh pemangku kepentingan dan elemen masyarakat yang sistemik. “Gerakan ini bertujuan untuk meningkatkan kepedulian dan komitmen para pemangku kepentingan pengelola SDA (pemerintah, swasta, dan masyarakat) dan menumbuhkembangkan kecintaan terhadap OP sebagai suatu budaya.”

Pembangunan infrastruktur SDA secara teknis selalu dilakukan melalui proses perencanaan, pelaksanaan, dan selanjutnya untuk dioperasikan dan dipelihara dengan baik agar dapat tercapai tujuan pembangunan infrastruktur tersebut. Namun, hal tersebut belum dapat tercapai secara optimal terutama disebabkan oleh adanya perubahan lingkungan strategis dan ekologis seperti terjadinya perubahan lingkungan dan terjadinya perubahan ekologis (perubahan iklim global).

"Dengan adanya perubahan-perubahan tersebut maka diperlukan kegiatan OP yang lebih baik lagi untuk mencapai hasil yang diharapkan, mengingat kegiatan OP dilaksanakan sepanjang umur kemanfaatan infrastruktur SDA,” kata  Lolly.

Lolly mengatakan bahwa sebenarnya sangat disadari bahwa kinerja infrastruktur SDA mengalami penurunan, karena kurangnya kepedulian para pemangku kepentingan dan masyarakat dalam pelaksanaan OP SDA yang menyebabkan menurunnya kinerja pelayanan bidang SDA. Sebagai contoh, kata Lolly, kurang optimalnya pengelolaan irigasi terutama yang berkaitan dengan operasi dan pemeliharaan irigasi secara langsung dan nyata akan menyebabkan menurunnya kinerja sistem irigasi.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian PUPR, Arie Setiadi Moerwanto, dari Direktorat Jenderal SDA, GP3A, BWS, dan BBWS di lingkungan Ditjen SDA, Pemerintah Daerah Yogyakarta, dan para akademisi diantaranya UGM, ITB, ITS, UNDIP,  dan Universitas Udayana.

"Dalam pencanangan gerakan ini kami juga melakukan penandatanganan Kesepakatan Bersama dan Kemitraan dengan 16 universitas, diantaranya ITB, UGM, ITS, UNDIP, dan Universitas Udayana, terutama pengembangan kurikulum SDA di perguruan tinggi berbasis OP dan kerjasama penelitian berbasis OP, terutama kecerdasan buatan dan kearifan lokal dalam mendukung OP," ujar Lolly.

Dalam hal ini, perguruan tinggi melakukan pengendalian pelaksanaan kegiatan sesuai lingkup kegiatan yang menjadi tanggung jawabnya dan Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal SDA  yang dalam pelaksanaannya dilaksanakan oleh Direktorat Bina OP dengan melakukan pengendalian pelaksanaan kegiatan secara nasional.

Jika perguruan tinggi memerlukan bantuan teknis untuk kegiatan yang spesifik, maka Direktorat Bina OP berkewajiban memfasilitasi agar program tersebut berjalan sesuai dengan yang direncanakan. Dan kegiatan pengendalian masing-masing pihak mendokumentasikan sebagai bahan laporan.

Sementara itu, Arie mengingatkan gerakan ini harus dilakukan oleh semua pihak, bukan hanya Kementerian PUPR.

"Pemerintah pusat dan pemerintah daerah dan begitu pula sebaliknya, harus saling berkoordinasi untuk meningkatkan OP SDA, dan jangan lupa juga untuk memperbaiki SDM bidang OP menjadi lebih baik lagi. Kegiatan OP SDA merupakan kegiatan yang langsung menyentuh masyarakat terutama petani. Maka sudah selayaknyalah petani dibantu agar lebih kreatif dan produktif dalam menjaga irigasi terutama dalam mendukung program ketahanan pangan," kata Arie.

Dalam acara ini juga dilakukan penandatanganan kontrak Gerakan Cinta OP SDA dengan 16 perguruan tinggi dan Direktorat Jenderal SDA. (pu.go.id)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home