Loading...
INDONESIA
Penulis: Sotyati 06:39 WIB | Rabu, 15 April 2015

Kemenkominfo: Persiapan KAA 2015 dan Panduan Peliputan

Logo KAA. (Ilustrasi: kemenlu.go.id)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menyatakan persiapan pelaksanaan peringatan 60 tahun Konferensi Asia Afrika di Jakarta dan Bandung sudah mencapai 80 persen.

"Kendala yang substantif tidak ada. Bisa dikatakan sudah mencapai 80 persen," kata Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo Freddy H Tulung dalam press briefing di Jakarta, Selasa (14/4).

Namun demikian, Kemenkominfo masih memerlukan koordinasi dengan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) selaku penyelenggara Asia-Africa Business Summit yang dilangsungkan di Jakarta 21-22 April.

"Belum ada informasi tentang bagaimana peliputan di business summit itu. Kalau bisa memakai ID yang sama," kata Freddy.

Panitia KAA 2015 hanya akan mengakomodasi 1.000 jurnalis dari dalam dan luar negeri untuk peliputan.

Kemenkominfo menyediakan fasilitas media center di Jakarta, mengambil tempat di Exhibition Hall B, Jakarta Convention Center, yang bisa menampung 1.000 jurnalis. Sementara itu, di Bandung, yang terbagi di empat titik, hanya bisa mengakomodasi 600 jurnalis.

Media Center di Exhibition Hall B JCC, Jakarta, akan beroperasi dari 22-23 April dari pukul 07.30 hingga 21.00 WIB.

Sebanyak 250 komputer dan 250 koneksi LAN disediakan di Media Center Jakarta dengan sambungan internet mencapai 2 Gbps.

Tempat parkir untuk kendaraan jurnalis disediakan di area parkir Gedung TVRI. "Jadi hanya boleh drop saja di JCC," kata Freddy.

Sedangkan sejumlah media center di Bandung akan mengakomodasi jurnalis pada 24 April dari pukul 06.00 hingga 18.00 WIB.

Media Center di Bandung tersebar di empat titik, yaitu di Gedung PGN, Jalan Braga Panjang, Hotel Ibis-Style Braga di Jalan Braga, Gedung New Majestic, bersebelahan dengan Gedung Merdeka, dan Gedung Kimia Farma.

Plenary Session akan tertutup bagi awak media sehingga pihak penyelenggara akan menggunakan "host broadcaster" dan "host photographer" untuk menyediakan materi berita kepada jurnalis.

Kominfo juga menyediakan 10 bus bagi 200 jurnalis yang akan menuju ke Bandung dari Jakarta untuk melakukan peliputan.

Sepuluh bus akan diberangkatkan pada pukul 04.30 WIB dari Jakarta mengingat jurnalis diharuskan sampai di area peliputan KAA selambat-lambatnya pukul 06.30 WIB.

Sebanyak 3.000 personel Brimob Mabes Polri akan dikerahkan untuk pengamanan KAA 2015 di Jakarta. Sementara 1.015 personel dari Polda Jabar dan 400 Brimob dari Polda Metro Jaya akan dikerahkan untuk pengamanan KAA 2015 di Bandung.

Peringatan 60 tahun KAA berlangsung dari 19-24 April 2015. Pada 19 April akan dilangsungkan pertemuan pejabat tinggi (SOM) di Jakarta dan Pertemuan Tingkat Menteri pada 20 April.

Sedangkan Konferensi Tingkat Tinggi KAA akan berlangsung di Jakarta pada 22-23 April.

Rangkaian peringatan 60 tahun KAA akan berakhir pada 24 April di Bandung, para kepala negara akan melakukan historical walk dari Hotel Savoy Homman ke Gedung Merdeka.

KTT KAA tahun ini diharapkan menghasilkan tiga dokumen yaitu Bandung Message, Deklarasi Penguatan Kemitraan Strategis Asia dan Afrika (NAASP), dan deklarasi mendukung kemerdekaan Palestina.(Ant)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home