Loading...
EKONOMI
Penulis: Bob H. Simbolon 08:22 WIB | Senin, 29 Februari 2016

Kementan Panen Padi di Tujuh Provinsi

Menteri Pertanian, Amran Sulaiman ( Foto Dok Satuharapan.com)

CILACAP, SATUHARAPAN.COM – Kementerian Pertanian melakukan panen padi serentak di tujuh provinsi yang terdiri dari Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Selatan dan Sulawesi Selatan.

"Panen ini menunjukkan bahwa pemerintah berhasil dalam mengelola sistem dan pola tanam serentak dengan baik di tengah cuaca yang cukup mendukung serta dukungan alat mesin pertanian yang memadai," kata Menteri Amran Sulaiman kepada pers, di Cilacap, Jawa Tengah, Senin.

Dia mengatakan, prediksi produksi gabah pada periode panen raya Maret mencapai 12,8 juta ton gabah kering giling (GKG) setara dengan 7,9 juta ton beras, produksi ini diperoleh dari luas panen 2,4 juta hektare dan cukup untuk memenuhi kebutuhan konsumsi beras penduduk sekitar 2,6 juta ton per bulan.

Dia juga mengatakan, produksi padi awal tahun ini meningkat lantaran berbagai program yang telah dilakukan oleh Kementerian Pertanian dalam antisipasi kekeringan secara dini dan masif di antaranya melalui penyaluran pompa air dan Alsintan lainnya, pembangunan rehabilitasi embung, rehabilitasi jaringan irigasi, hujan buatan dan lainnya serta gerakan tanam cepat padi.

"Saat ini kita mengalami kenaikan jumlah produksi padi walaupun mengalami kemunduran waktu tanam akibat dampak El Nino dan lainnya," katanya. (Ant)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home