Loading...
INDONESIA
Penulis: Reporter Satuharapan 18:57 WIB | Senin, 15 September 2014

Kementerian Lingkungan Hidup Luncurkan Pembaruan PPBN

Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) di Bogor hari ini (15/9) meluncurkan Pembaruan Pusat Produksi Bersih Nasional (PPBN). (Foto: setkab.go.id)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Pembaruan Pusat Produksi Bersih Nasional (PPBN) diluncurkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) di Bogor hari ini (15/9). Acara diselenggarakan bersama Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia.

Dr. Henry Bastaman, MES Deputi Bidang Pembinaan Sarana Teknis Lingkungan dan Peningkatan Kapasitas KLH mengatakan bahwa pembaruan PPBN ini dilakukan sejalan dengan perkembangan kebutuhan pengelolaan lingkungan untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan.  

“PPBN akan diperkuat dengan peran dan program baru, yaitu sebagai pelaksana manajemen resources pool dalam melayani penerapan Sustainable Consumption and Production (SCP) di Indonesia,” ungkap Henry.

Penerapan SCP menurut Henry memerlukan praktik produksi bersih di sisi produksi sehingga pemanfaatan sumber daya dapat dilakukan dengan efisien. Pencemaran lingkungan pun dapat dikurangi sehingga dapat berdampak positif bagi karyawan, konsumen, dan masyarakat.

SPC ini merupakan program nasional lintas bidang yang masuk dalam Rancangan Teknokratik Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) pada 2015 – 2019.

Diperlukan kerja sama serta kolaborasi yang baik antarpihak, baik pihak dalam maupun luar negeri. Kerja sama dan kolaborasi ini merupakan prioritas sasaran kerja pengembangan infrastruktur informasi terpadu untuk penerapan SCP di Indonesia.

Shinta W. Kamdani Wakil Ketua Umum KADIN bidang Lingkungan Hidup, Perubahan Iklim, dan Pembangunan Berkelanjutan menyampaikan bahwa proyek ini akan didukung penuh oleh KADIN. Ia akan berkomitemen mempromosikan pembangunan berkelanjutan melalui pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, keseimbangan ekologi, dan kemajuan sosial.

KADIN akan menempatkan Produksi Bersih pada tataran perencanaan strategis bagi para pelaku industri, khususnya para pengambil keputusan untuk mewujudkan ekonomi berdaya saing dan berkelanjutan.

Turut hadir kementrian terkait, lembaga donor, industri, Instansi Lingkungan Daerah dan Penyedia Jasa bidang Lingkungan serta para pemangku kepentingan dalam acara yang dirangkaikan dengan Seminar Produksi Bersih Nasional ini. (setkab.go.id)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home