Loading...
INDONESIA
Penulis: Melki Pangaribuan 17:58 WIB | Kamis, 25 Juli 2013

Kementerian PU: Jalur Lintas Selatan Jawa Sudah Mantap Dilalui Pemudik

Salah satu Jalur Lintas Selatan. (Foto: setkab.go.id)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Kepala Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional IV Kementerian Pekerjaan Umum (PU), Bambang Hartadi, menghimbau pengguna kendaraan pribadi untuk memilih jalur Selatan ketika mudik Lebaran tahun 2013 ini. 

"Dibanding jalan di lintas Pantai Utara (Pantura) Jawa, jalan di Lintas Selatan saat ini kondisinya jauh lebih mantap untuk dilalui kendaraan pemudik. Karena itu, para pemudik khususnya yang menggunakan kendaraan pribadi diimbau untuk memilih jalur Selatan," Kata Bambang Hartadi di Cirebon, Jawa Barat, pada Selasa (23/7).

Menurut Bambang, pihaknya mengalokasikan dana APBN  2013 sebesar Rp 300 miliar untuk menangani perbaikan jalan sepanjang hampir 600 km. Namun hingga H-10 Lebaran, belum seluruh pekerjaan bisa diselesaikan, dan akan dilanjutkan setelah Lebaran.

Sementara itu, Kasatker Jabar I, Juliansyah mengatakan bahwa pekerjaan baru akan rampung sekitar Oktober 2013, termasuk Jalur Pantura Jabar yang kini progres fisiknya sekitar 80 persen dan untuk menghadapi Lebaran tahun ini dipastikan bisa berfungsi seluruhnya.

"Kami tengah fokus pada Lingkar Gentong di Ruas jalan Tasikmalaya, Bandung. H-10 lingkar ini akan diuji coba oleh pihak kepolisian," ungkap Juliansyah.

Selanjutnya, Juliansyah merincikan jalan khusus Pantura Jabar, mulai Subang, Pemanukan, Lohbener, Palimanan, hingga Cirebon dengan total panjang 658 kilometer dilakukan perbaikan setiap tahun.

"Selain pemeliharaan rutin dan berkala juga dilakukan peningkatan struktur jalan pada Lintas Tengah dan Selatan (100 km) seperti Ruas Malangbong hingga Tasikmalaya (7 km) dan di Cianjur sepanjang 4,5 km. Jika tidak maka kondisinya akan menurun. Misalnya di ruas Paliman, Sumedang hingga Bandung," kata Juliansyah. (setkab)

Editor : Yan Chrisna


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home