Loading...
EKONOMI
Penulis: Melki Pangaribuan 13:44 WIB | Rabu, 10 Juni 2015

Kenaikan Harga Daging Sapi Australia Mengkhawatirkan Importir Indonesia

Harga hewan ternak sapi yang naik membuat kekhawatiran di kalangan peternak Indonesia. (Foto: radioaustralia.net.au)

AUSTRALIA, SATUHARAPAN.COM - Kekhawatiran soal kenaikan harga sapi dapat menguntungkan bagi para peternak di Australia, tetapi dampaknya mungkin dapat dirasakan oleh importir dan peternak asal Indonesia.

Sementara di tingkat pasar, pemerintah Indonesia yang menentukan agar harga daging dapat tetap terjangkau.

Paul McCormick, salah satu manajer di sebuah peternakan Katherine, Kawasan Australia Utara, baru saja kembali dari perjalanannya ke Indonesia.

McCormick mengatakan para importir asal Indonesia sedang benar-benar mencermati harga ternak sapi di Australia.

"Mereka sangat yakin tentang industri ternaknya dan posisi di mana mereka berada sekarang, tapi mereka juga khawatir dengan harga sapi ternak," jelas McCormick seperti dilansir abc.net.au, Rabu (10/6).

"Di satu sisi kalau kami mendengar dari pembeli bahwa ada kekhawatiran [soal kenaikan harga sapi], benar-benar membuat kami senang dari sisi sebagai klien," katanya.

Tapi menurutnya yang kini dibutuhkan oleh kedua negara adalah keseimbangan.

Soal izin dan berapa jumlah hewan ternak hidup yang akan diekspor ke Indonesia, McCormick mengatakan masih belum ada kepastian dari Indonesia.

"Kami masih memperhatikan dengan seksama untuk izin di kuartal ketiga. Hal ini akan memutuskan langkah kami kedepannya," katanya.

"Saya tidak dalam posisi untuk menerka angkanya, mungkin saja antara 100.000 atau 200.000 ekor dan kemungkinan pastinya pun dapat lebih besar"

Ketika ditanya soal harga, ia yakin jika pasar akan mampu menahan tekanan dari harga tinggi saat ini. "Ada masalah soal apakah harga terjangkau atau tidak, tapi hal ini telah teruji sebelumnya," katanya.

"Cukup beralasan untuk mengatakan harga sapi yang digemukkan di Indonesia telah naik 50 persen dibandingkan lima tahun yang lalu," katanya.

Ia menjelaskan permintaan dari Indonesia untuk produk Australia, khususnya daging sapi tetap ada, tetapi soal harga semua tergantung dari pemerintah Indonesia

"Pemerintah Indonesia yang memiliki kebijakan untuk menjaga agar makanan tetap terjangkau, jadi itu semua ada di tangan mereka," jelasnya.

"Kami punya produk, waktu yang tepat dan memenuhi hak pelanggan, sisanya adalah kekuatan pasar," katanya. (abc.net.au)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home