Loading...
EKONOMI
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 17:04 WIB | Rabu, 10 Juni 2015

26 Pemimpin Negara Afrika akan Tandatangani Pakta Perdagangan Baru

Ilustrasi The Southern African Development Community. (Foto: AFP)

SHARM EL SHEIKH, SATUHARAPAN.COM – Para pemimpin dari 26 negara Afrika berkumpul di Mesir, Rabu (10/6), untuk menandatangani sebuah pakta perdagangan baru yang menciptakan pasar bersama di sebagian wilayah benua tersebut dengan melayani 625 juta orang.

Tripartite Free Trade Area (TFTA) akan merampungkan lima tahun negosiasi yang dilakukan untuk menyusun kerangka umum penentuan tarif khusus, yang akan memudahkan pergerakan barang-barang di seluruh negara anggota.

Penandatanganan tersebut akan dilakukan dalam pertemuan puncak yang diselenggarakan oleh Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi di resort Sharm el-Sheikh, Laut Merah, tempat para negosiator telah merampungkan kesepakatan pekan ini.

“Besok kami menyelesaikan formalitas tersebut. Teks perjanjian sudah siap, Sharm El-Sheikh Declaration sudah siap,” ujar Menteri Industri dan Perdagangan Mesir, Mounir Fakhri Abdel Nour, kepada AFP.

Kesepakatan itu akan mewadahi berbagai kepentingan dari Komunitas Afrika Timur, Komunitas Pengembangan Afrika Selatan dan Pasar Bersama untuk Afrika Timur dan Selatan atau COMESA, yang negara-negaranya memiliki PDB gabungan lebih dari 1 triliun dolar Amerika (sekitar Rp 13,3 kuadriliun).

Negara-negara anggota dari tiga blok tersebut berasal dari negara-negara dengan ekonomi yang relatif maju seperti Afrika Selatan dan Mesir hingga negara-negara seperti Angola, Ethiopia dan Mozambik, yang dianggap memiliki potensi pertumbuhan besar.

Para negosiator mengatakan bahwa kesepakatan tersebut akan menangani masalah-masalah seperti penyelesaian sengketa perdagangan dan melindungi manufaktur-manufaktur kecil setelah TFTA diberlakukan. (AFP)

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home