Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 12:36 WIB | Rabu, 11 Oktober 2023

Kenaikan Suhu Udara Meningkatkan Risiko Ibu Hamil dan Bayi

Seorang perempuan berjalan mengambil air dari pompa tangan terdekat dengan pendingin air di kepalanya, saat gelombang panas, di pinggiran Jacobabad, Pakistan, pada 16 Mei 2022. (Foto: dok. Reuters)

SATUHARAPAN.COM-Sebagai petugas kesehatan di Sudan Selatan, Night Stella Elias, melihat dari tahun ke tahun bagaimana kenaikan suhu udara menambah bahaya yang dihadapi ibu hamil dan bayinya.

Konflik bersenjata, kekeringan, kemiskinan yang meluas, dan langkanya layanan kesehatan di pedesaan menjadikan negara terbaru di dunia ini memiliki salah satu angka kematian ibu tertinggi. Gelombang panas yang terkait dengan perubahan iklim meningkatkan risikonya.

“Ibu hamil yang tinggal di daerah pedesaan memiliki akses terbatas terhadap layanan medis. Menyelamatkan nyawa mereka ketika terkena serangan panas akibat perubahan iklim menjadi sangat sulit,” kata Elias kepada Thomson Reuters Foundation melalui telepon dari negara bagian Jonglei di wilayah timur.

Selama gelombang panas, perempuan hamil berisiko lebih tinggi mengalami keguguran, lahir mati, atau melahirkan bayi dengan berat badan rendah, kata Elias, koordinator nutrisi di lembaga bantuan Afrika, ForAfrika.

Untuk setiap kenaikan suhu sebesar satu derajat Celcius (1,8 F), jumlah bayi lahir mati dan kelahiran prematur meningkat sekitar 5%, menurut analisis terhadap 70 penelitian yang dilakukan sejak pertengahan tahun 1990-an dan diterbitkan dalam British Medical Journal pada tahun 2020.

Hal ini menjadi perhatian khusus di Afrika, yang mengalami pemanasan lebih cepat dibandingkan wilayah lain di dunia dan menghadapi bencana iklim yang lebih parah seperti kekeringan, menurut laporan gabungan PBB-Uni Afrika pada bulan September.

Para pembuat kebijakan mulai mengatasi masalah ini seiring dengan tumbuhnya kesadaran secara bertahap tentang ancaman perubahan iklim terhadap kesehatan manusia, kata para peneliti iklim.

Untuk pertama kalinya, pertemuan puncak iklim tahunan PBB, COP28, yang dimulai pada akhir November di Dubai, akan memiliki hari yang didedikasikan untuk kesehatan.

Tahun lalu, laporan utama dari Panel Antar Pemerintah tentang Perubahan Iklim (IPCC) PBB menyebutkan kesehatan ibu, menandai titik balik yang penting, kata profesor Universitas Washington, Kristie L. Ebi.

“Perubahan iklim berawal dari masalah lingkungan. Prosesnya berjalan lambat untuk membuat masyarakat memahami bahwa perubahan iklim juga berdampak pada kesehatan dan kesejahteraan,” kata Ebi, yang ikut menulis bagian tentang kesehatan manusia dalam laporan IPCC.

“Masih banyak yang perlu dilakukan… namun hal ini kini menjadi perhatian para pembuat kebijakan,” tambahnya.

Kebijakan konkrit untuk mengatasi masalah ini harus diterapkan lebih cepat untuk menyelamatkan nyawa, kata Angela Baschieri dari badan kesehatan seksual dan reproduksi PBB, UNFPA.

Sebuah laporan UNFPA yang diterbitkan pada hari Selasa (10/10) menunjukkan hanya 23 dari 119 penandatangan Perjanjian Paris 2015 tentang perubahan iklim yang menyebutkan kesehatan bayi baru lahir dan ibu dalam rencana iklim nasional terbaru mereka, yang secara resmi dikenal sebagai Kontribusi yang Ditentukan Secara Nasional (NDC).

Meskipun terdapat 196 penandatangan Paris, hanya 119 yang telah menyerahkan NDC sejak tahun 2020.

Sudan Selatan, dan negara-negara miskin lainnya termasuk Kamboja dan Sri Lanka di Asia dan Pantai Gading di Afrika, termasuk di antara negara-negara yang merujuk pada kesehatan ibu.

“Sangat sedikit negara yang menyadari bahwa perubahan iklim mempunyai dampak dan sangat sedikit yang secara khusus mengatakan bahwa sistem kesehatan perlu diperkuat untuk melaksanakan program bagi perempuan,” kata Baschieri, yang ikut menulis laporan UNFPA bersama para peneliti di Queen Mary University of London.

Kemajuan dalam mengurangi kematian ibu dan bayi baru lahir terhenti sejak tahun 2015, dengan lebih dari 4,5 juta ibu dan bayi meninggal setiap tahunnya, sebagian besar terjadi di Afrika Sub-Sahara serta Asia Tengah dan Selatan, menurut laporan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada bulan Mei.

“Kematian ibu pada umumnya dapat dicegah. Namun dampaknya tidak hanya pada ibu saja... anak juga akan mempunyai akibat jangka panjang. Dan sekarang iklim membawa dimensi yang berbeda,” kata Baschieri.

Hidup Dalam Risiko

Gelombang panas memecahkan rekor di seluruh dunia dan pelepasan emisi pemanasan global yang terus-menerus akan mendorong suhu global ke tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya, kata para ilmuwan.

Menurut WHO, peningkatan suhu, cuaca ekstrem, polusi udara, dan kurangnya pasokan air dan makanan tidak hanya menyebabkan kematian tetapi juga memperburuk penyakit menular, memicu penyakit yang berhubungan dengan panas, dan membahayakan wanita hamil.

Di Sudan Selatan, kekurangan pangan yang disebabkan oleh kekeringan terkait iklim dan guncangan cuaca lainnya juga dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti malnutrisi atau anemia selama kehamilan, kata Elias.

Hampir 7,8 juta warga Sudan Selatan, dua pertiga dari populasi penduduknya, menghadapi kekurangan pangan yang parah akibat banjir, kekeringan dan konflik, kata badan kemanusiaan PBB UNOCHA. Di antara mereka, 738.000 perempuan hamil dan menyusui mengalami kekurangan gizi, menurut badan PBB tersebut.

Terlalu Panas Untuk Kehamilan

Meskipun mengurangi beban kerja dan menjaga suhu tubuh tetap sejuk dapat membantu mengurangi dampaknya, banyak perempuan hamil yang bekerja di negara-negara miskin dan rentan iklim tidak punya pilihan selain terus bekerja di tengah panas terik, kata para peneliti.

Di Kamboja, di mana pekerja perempuan mencakup 85% tenaga kerja di industri garmen dan 75% pekerja pertanian menurut Bank Dunia, kelompok bantuan mengatakan kondisi kerja yang lebih baik diperlukan untuk melindungi perempuan hamil dari panas.

“Kita sedang bergerak menuju periode yang semakin panas,” kata Grana Pu Selvi, yang mengawasi program nutrisi di World Vision International di Kamboja. “Ketika terjadi peningkatan suhu…penting untuk memprioritaskan tempat kerja yang lebih aman di pabrik atau di peternakan bagi perempuan hamil,” tambahnya.

Tetap terhidrasi, memiliki sistem peringatan dini yang mencakup perempuan hamil, dan memastikan bidan memberikan panduan antenatal khusus mengenai panas adalah cara untuk mengurangi risiko, kata Sari Kovats dari London School of Hygiene and Tropical Medicine.

Namun “peningkatan kesadaran hanya dapat memberikan banyak manfaat” ketika banyak perempuan bergulat dengan kesenjangan sosio-ekonomi yang parah, kurangnya pendingin ruangan, dan sistem kesehatan yang buruk, kata Kovats, seorang profesor iklim dan kesehatan masyarakat.

Sekitar 1,2 miliar masyarakat miskin di pedesaan dan perkotaan di seluruh dunia diperkirakan akan hidup tanpa solusi pendingin pada tahun 2030, menurut Sustainable Energy for All (SEforALL), sebuah organisasi yang didukung PBB yang bekerja di bidang akses energi.

Langkah-langkah praktis seperti berinvestasi di lebih banyak pusat kesehatan sehingga perempuan tidak perlu berjalan bermil-mil di tengah cuaca panas untuk pemeriksaan kehamilan, atau menanam lebih banyak pohon untuk berteduh dan mendinginkan diri di klinik juga dapat membantu, kata Kovats.

“Bagi sebagian perempuan yang terpapar panas dan tinggal di rumah yang panas, hal ini disebabkan karena mereka tidak memiliki akses terhadap pendingin,” katanya.

“Mengubah pedoman saja tidak akan cukup. Anda bisa menyampaikan hal itu kepada mereka, tapi dalam kaitannya dengan realitas sehari-hari para perempuan ini, apa yang akan dilakukan orang-orang?” (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home