Loading...
INDONESIA
Penulis: Bayu Probo 08:13 WIB | Selasa, 03 Maret 2015

Ketua DPRD: Sikap Nasdem Tak Pengaruhi Hak Angket

Sekjen Partai NasDem Patrice Rio Capella (tengah), Ketua Fraksi NasDem DPR RI Victor Laiskodat (kiri) dan Ketua DPP Partai NasDem Enggartiasto Lukita (kanan) memberikan keterangan kepada wartawan terkait hak angket anggota DPRD DKI Jakarta di Jakarta, Senin (2/3). DPP Partai NasDem memerintahkan seluruh anggota Fraksi NasDem di DPRD DKI Jakarta mencabut pengajuan hak angket terkait polemik APBD 2015. (Foto: Antara/Sigid Kurniawan)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi menyatakan sikap Fraksi Partai Nasional Demokrat (Nasdem) yang mencabut dukungan hak angket tidak akan memengaruhi pelaksanaan hak tersebut.

“Hak angket masih akan terus berjalan, baik ada ataupun tidak ada dukungan dari Fraksi Nasdem,” kata Prasetyo di Jakarta, Senin.

Menurut dia, hak angket merupakan proses politik yang harus dilaksanakan oleh para anggota Dewan untuk menyelidiki permasalahan terkait Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI 2015.

“Hak angket harus tetap dilaksanakan untuk menyelidiki permasalahan APBD ini. APBD harus diselamatkan. Kami tidak takut,” ujar Prasetyo.

Oleh karena itu, dia pun menyatakan pihaknya siap menjalankan hak angket dan menyelesaikan permasalahan terkait munculnya anggaran senilai Rp 12,1 triliun di dalam APBD DKI 2015.

Fraksi Partai Nasional Demokrat (Nasdem) DPRD DKI Jakarta hari Senin mencabut dukungan hak angket yang ditujukan kepada Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama terkait Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI 2015.

“Intinya, kita ingin persoalan APBD DKI ini cepat selesai. Oleh karena itu, dukungan hak angket kita cabut,” kata Ketua Fraksi Nasdem DPRD DKI Jakarta Bestari Barus.

Menurut Bestari Barus, pencabutan dukungan hak angket terhadap Gubernur DKI tersebut dilakukan karena sesuai dengan instruksi Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Nasdem.

“Hak angket sudah tidak dibutuhkan lagi, sehingga kita diminta untuk segera mencabut dukungan. Pada Minggu (1/3) malam, kita sudah rapat dengan pimpinan mengenai masalah ini,” ujar Bestari.

Selain mencabut dukungan, dia menuturkan DPP Nasdem juga telah memberikan instruksi agar Fraksi Nasdem di DPRD DKI Jakarta segera menarik diri dari kepanitiaan hak angket tersebut. (Ant)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home