Loading...
INDONESIA
Penulis: Martahan Lumban Gaol 09:46 WIB | Jumat, 20 Februari 2015

Ketua KPK: Hari Ini Saya Mundur dari Bank Jabar

Inilah pemimpin baru KPK, dari kiri Adnan P. Praja, Indriyanto S, Taufiqurrahman Ruki, Johan Budi, dan Zulkarnain, seusai pelantikan di Istana Negara, Jumat (20/2). (Foto: setkab.go.id).

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Ketua KPK yang baru saja dilantik menggantikan posisi Abraham Samad, Taufiequrachman Ruki, menegaskan akan langsung melayangkan surat pengunduran diri sebagai Komisaris Utama Bank Jabar Banten.

“Hari ini saya akan buat surat, lalu saya layangkan. Saya juga sudah kasih tahu kepada Ahmad Heryawan selaku pemegang saham mayoritas bahwa saya mengundurkan diri,” kata Ruki di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Jumat (20/2).

Menurut dia, hal tersebut harus dilakukan, karena seorang pejabat negara tidak boleh rangkap jabatan. “Itu harus, mutlak, tidak ada rangkap jabatan,” ujar Ruki.

Presiden Joko Widodo resmi melantik tiga Pelaksana Tugas (Plt) Komisioner KPK, Johan Budi Sapto Pribowo, Taufiequrachman Ruki, dan Indrianto Seno Aji, pada Jumat (20/2) pagi. Mereka dilantik di Istana Negara pada pukul 08.00.

Taufiqurrahman Ruki ditetapkan sebagai ketua sementara merangkap anggota sementara berdasarkan keputusan presiden (Keppres) Nomor 14 P Tahun 2015. Ia menggantikan posisi Abraham Samad yang diberhentikan sementara setelah ditetapkan menjadi tersangka oleh Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan dan Barat.

Sedangkan Johan Budi dan Indriyanto ditetapkan sebagai wakil ketua sementara merangkap anggota sementara berdasarkan Keppres Nomor 15 dan 16 P Tahun 2015.

Johan Budi menggantikan posisi Bambang Widjojanto yang kini berstatus tersangka dalam kasus sengketa Pilkada Kotawaringin Barat. Sementara Indroyanto diangkat sebagai Plt pimpinan KPK sementara menggantikan Busyro Muqaddas yang pension pada 10 Desember 2014 lalu.

Pelantikan tersebut juga disaksikan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) dan sejumlah menteri Kabinet Kerja. Tak hanya itu, hadir pula dua pimpinan KPK lainnya Adnan Pandu Praja dan Zulkarnain serta calon Kapolri, Komjen Polisi Badrodin Haiti.

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home