Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 13:00 WIB | Rabu, 15 Januari 2014

Ketua Umum KONI: Target Indonesia Sepuluh Besar Asian Games

Tono Suratman, tengah, Ketua umum KONI (foto dari satlakprima.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) menargetkan Indonesia mampu berbicara banyak dalam pentas olahraga negara-negara benua Asia. Ketua KONI Pusat, Tono Suratman, mengatakan hal tersebut pada Senin (13/1) di Gedung KONI Pusat, Jakarta.

Tono Suratman mengatakan pihaknya menyambut tahun baru, maka sudah seharusnya disertai target baru, yakni dalam dua cabang SEA Games XXVIII di Singapura tahun 2015 dan Asian Games XVII di Incheon, Korsel tahun 2014.

Tono Suratman berharap para atlet dapat menunjukkan yang terbaik pada dua ajang yang berdekatan tersebut.

“Kami berharap, kontingen Indonesia mampu memperbaiki peringkat ke sepuluh besar Asia,” kata Tono Suratman.

Pada akhir Januari 2014 nanti, Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima) mengatakan pihaknya saat ini masih mempertimbangkan 14 cabang olahraga yang akan diberangkatkan ke Asian Games.

Dari daftar cabor yang diberangkatkan, kabarnya KONI bersama Satlak Prima berencana lebih memprioritaskan cabang olahraga terukur, yakni angkat besi, sepeda, atletik, dayung, dan renang. Akan tetapi tanpa melupakan cabang olahraga yang menghasilkan medali.

Saat ini kemajuan prestasi harus didukung berbagai pihak, agar atlet nasional memiliki visi dan misi yang sesuai untuk menggapai prestasi puncak, baik di SEA Games atau Asian Games nantinya.

Pasalnya, ajang multievent di kawasan Asia empat tahunan itu penyelenggaraannya tinggal beberapa bulan lagi. Dengan begitu sudah seharusnya semua unsur olahraga bekerja ekstra keras.

KONI Pusat telah mengajukan Surat Keputusan (SK) kepada Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). SK tersebut dikeluarkan Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima), untuk menetapkan para atlet dari cabang unggulan yang telah disetujui pengurus cabang olahraga yang terkait, agar dapat berlaga di Asian Games 2014 mendatang. KONI berharap SK tersebut tidak berubah.

Tono mengatakan sedapat mungkin pengurus, pelatih dan atlet memiliki loyalitas kepada Indonesia, dan bersungguh-sungguh saat bertanding. Bila dua unsur itu sudah tertanam dalam benak pengurus olahraga, maka upaya memajukan prestasi atlet nasional selalu ada dalam benaknya.

Dengan begitu, keinginan memperbaiki peringkat yang ditoreh kontingen Indonesia di multievent ASEAN maupun Asia tidak mengalami kesulitan. (satlakprima.com)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home