Loading...
RELIGI
Penulis: Prasasta Widiadi 15:38 WIB | Sabtu, 23 Januari 2016

Ketum PGI: Masyarakat Ditantang Pahami Akar Radikalisme

Ilustrasi: Ketua Umum Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia, Pdt. Dr. Henriette Hutabarat Lebang saat memberi khotbah pada Kebaktian Tahun Baru Antar Lembaga Keumatan Kristen di Grha Oikoumene, PGI, Jl. Salemba Raya, Jakarta beberapa pekan lalu. (Foto: Dok. satuharapan.com/ Prasasta Widiadi).

PARAPAT, SATUHARAPAN.COM – Masyarakat ditantang untuk lebih memahami akar penyebab maraknya radikalisme  seiring dengan perubahan masyarakat yang begitu cepat di era globalisasi.

“Radikalisme begitu marak, dan radikalisme telah menjadi masalah global yang  dapat diatasi  bersama termasuk dengan mitra-mitra kerja PGI (Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia, red) di luar negeri,” kata  Ketua Umum PGI Pdt. Dr. Henriette Hutabarat Lebang pada saat menyampaikan Laporan Majelis Pekerja Harian (MPH) PGI di hari kedua Sidang Majelis Pekerja Lengkap (MPL) PGI 2016, di Parapat, Sumatera Utara, Sabtu (23/1).

Ia menyinggung bahwa kasus terorisme di depan pusat perbelanjaan Sarinah beberapa pekan lalu  memperlihatkan bahwa jaringan teroris ISIS (Islamic State Iraq and Syria)  telah hadir di Indonesia. “Termasuk orang Indonesia anggota ISIS yang kembali dari Suriah dan Irak, sungguh telah mulai beraksi,” kata dia.

“Bahaya terorisme tetap menjadi ancaman serius, bahkan sudah semakin mengglobal,” kata dia.

Pdt. Henriette mengungkapkan rangkaian percakapan terkait radikalisme juga menjadi tema diskusi yang dilakukan oleh gereja-gereja mitra PGI di luar negeri beberapa waktu lalu, seperti sidang Eukumindo yang diselenggarakan di Bonn pada 16-20 September 2015, yang mengangkat tema Radicalism and Religious Fundamentalism in our Midst. 

Selain itu isu radikalisme juga dibicarakan pada  Simposium Religion, State and media in Dialogue: Indonesia-Netherlands Perspective,  yang diselenggarakan oleh Kedutaan Besar Indonesia di Belanda, dan Konsorsium Belanda-Indonesia untuk Hubungan Islam Kristen, di mana PGI juga ikut berpartisipasi,  di Den Haag pada 25 September 2015. (pgi.or.id).

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home