Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 13:42 WIB | Kamis, 09 Juni 2016

Khawatir Zika, Atlet Greg Rutherford Bekukan Spermanya

Atlet lompat jauh Inggris Greg Rutherford. (Foto: hellomagazine.com)

INGGRIS, SATUHARAPAN.COM - Kekhawatiran atas masih merebaknya virus zika mendorong atlet lompat jauh Inggris, Greg Rutherford, membekukan spermanya.  

Susie Verrill, pasangan hidup Greg Rutherford, mengungkapkan kisah itu, seperti diberitakan hellomagazine.com.

Pasangan itu telah memiliki satu anak. Dan, di media sosial, ia dan Greg Rutherford menuliskan akan senang jika memiliki lebih banyak anak di masa depan.

Rutherford akan berlaga di Olimpiade Rio 2016, sementara Verrill dan anak mereka, Milo, akan tetap tinggal di Inggris. "Sejujurnya, kabar zika telah menyebabkan kekhawatiran yang besar," tulis Susie Verrill.

"Kami sebenarnya tidak perlu khawatir. Namun, setelah lebih dari 100 ahli medis menekankan agar olimpiade dipindahkan (dari Rio de Janeiro, tempat penyelenggaraan, Red) untuk mencegah penyebaran dari penyakit ini, hal ini menjadi faktor penyebab saya tetap tinggal di Inggris," kata Susie Verrill, yang akhirnya memilih untuk tidak berangkat ke Rio.

"Kami juga telah membuat keputusan untuk memiliki sperma beku dari Greg," katanya. "Kami akan senang untuk memiliki lebih banyak anak, dan berdasarkan penelitian saya tidak ingin menempatkan diri dalam situasi yang tidak terlindungi."

"Peneliti saat ini juga masih tidak tahu seluk-beluk zika, sehingga meskipun tampak seolah-olah tidak ada masalah, kenyataannya bila Milo digigit, akan menjadi masalah. Kami tidak ingin hal itu terjadi."

Virus zika yang telah dikaitkan dengan kelahiran cacat pada bayi yang lahir di Amerika Selatan, telah dinyatakan sebagai darurat kesehatan masyarakat global oleh Organisasi Kesehatan Dunia.

Lebih dari 150 ilmuwan menyerukan memindahkan olimpiade ke lokasi lain, namun panitia penyelenggara menolak permintaan mereka.

Susie Verrill mengakui banyak orang terkejut mendengar dia tidak berangkat ke Rio, tapi dia akan mendukung penuh Greg Rutherford. "Greg akan melakukan perjalanan ke Rio di bulan Agustus untuk melakukan pekerjaan. Aku akan tinggal di rumah, dan mendukungnya. Semoga berhasil. Menang atau kalah, tidak akan mengubah perasaan cintaku kepadanya."

Kekhawatiran akan zika juga menyebabkan atlet sepedaTejay van Garderen, pegolf Vijay Singh dan Marc Leishman, menyatakan tidak akan berangkat ke Olimpiade Rio. 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home