Loading...
INDONESIA
Penulis: Francisca Christy Rosana 20:18 WIB | Jumat, 13 Maret 2015

Kisruh APBD DKI, Jokowi Siap Backup yang Benar

Presiden Joko Widodo saat mendatangi Balai Kota, Jakarta Pusat disambut Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). (Foto: Francisca Christy Rosana)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mengatakan akan mem-backup pihak yang benar terkait kisruh anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) yang tengah memanas di lingkungan Pemerintah DKI Jakarta.

“Ya back up yang benar lah,” ujar Presiden saat ditemui seusai periksa gigi di kantor pelayanan kesehatan, Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat (13/3).  

Presiden Jokowi pun mengimbau agar kisruh yang terjadi antara Pemerintah Provinsi DKI dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dapat segera diselesaikan.

“Semakin cepat selesai semakin baik. Tapi ya pakailah APBD yang benar. APBD yang benar ya nggak usah ngomong, kita juga sudah tahu,” kata Presiden Jokowi sembari tertawa.

Sementara terkait adanya oknum yang mencoba memasukkan dana siluman dalam APBD 2014 lalu, Jokowi tidak mempermasalahkan. Kendati adanya permaian oknum itu terjadi saat Jokowi menjabat sebagai Gubernur DKI, ia tetap mendukung langkah-langkah Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama saat ini untuk mengusut tuntas.

Jokowi juga mengapresiasi e-budgeting yang telah direncanakan pada masa ia menjabat Gubernur DKI dulu kini sudah bisa direalisasi di masa pemerintahan Basuki atau Ahok.

“E-budgeting ini kan proses. Ada prosesnya, sudah ada pembahasannya. Ini akan membangun system supaya ada transparansi ada keterbukaan juga kalau sistemnya itu betul-betul bagus bisa dilock,” kata Presiden.

Ia menggambarkan kerepotan pemerintah tentu sangat besar jika e-budgeting tidak diterapka. Pasalnya, dengan e-budgeting, pemerintah akan lebih mudah mengontrol sedikitnya 57.000 item kegiatan dalam berkas APBD.

Saya pernah ngumpulin buku khusus APBD saja mungkin kalau ditumpuk sangat besar. Ngontrolnya sulit. Oleh sebab itu sistemlah yang mengontrol,” ungkap Jokowi. 

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home