Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Martahan Lumban Gaol 00:36 WIB | Senin, 18 Agustus 2014

Klub Sepak Bola Papua Upacara Kemerdekaan di Kuwait

Klub sepak bola asal Papua, Indonesia, Persipura Jayapura. (Foto: persipuramania.com)

KUWAIT CITY, SATUHARAPAN.COM - Sebanyak 21 pemain, pelatih, manejer dan pengurus klub sepak bola asal Papua, Indonesia, Persipura Jayapura, mengikuti upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-69 di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Kuwait, Minggu (17/8) pagi waktu setempat.

"Ikut upacara kemerdekaan RI merupakan momen yang sangat langka dalam karir sepak bola saya di Indonesia. Ini baru pertama kali bagi saya dan anak asuh melakukannya di negeri orang," kata pelatih Persipura, Jayapura Jacksen F Tiago, seperti dikutip dari Antara, Minggu (17/8).

Upacara ini merupakan yang pertama dalam hidup pelatih berkebangsaan Brasil itu. Keberadaan anak-anak Persipura di Kuwait City guna melakoni laga Perempatfinal AFC CUP 2014 kontra Kuwait SC. Kedua kesebelasan dijadwalkan berjumpa di Kuwait SC Stadium, Kuwait City, Rabu (20/8), pukul 00:30 WIB.

"Selama 20 tahun karir sepak bola saya di Indonesia, ini merupakan yang pertama kalinya saya ikuti upacara kemerdekaan bangsa Indonesia. Saya bangga sekali, dapat hadir di tengah-tengah warga Indonesia di negeri orang untuk mengikuti upacara bendera 17 Agustus," tutur Jacksen.

Jacksen yang pernah melatih tim nasional Indonesia bersama Rahmad Darmawan itu, menyatakan ingin mewakili anaknya, Hugo yang lahir dari wanita Indonesia dan telah menjadi warga negara Indonesia, dalam mengikuti upacara HUT Kemerdekaan RI ke-69.

"Saya mewakili anak saya Hugo, yang sudah jadi warga negara Indonesia. Saya juga ingin menyampaikan harapan, semoga bangsa Indonesia selalu makmur, merdeka dalam semua aspek olah raga, sosial, seni dan budaya, serta kesehatan," ucap dia.

Pemain Bangga

Ferinando Pahabol, salah satu pemain Persipura Jayapura merasa bangga dapat ikuti upacara HUT kemerdekaan RI ke-69 di negara orang.

"Ini sesuatu yang sangat luar biasa dalam hidup saya. Saya bangga jadi orang Indonesia, karena mampu bisa ikuti upacara di negara orang," kata penyerang berpostur 157 sentimeter itu.

Sementara itu, Kepala KBRI untuk Kuwait, Ferry Adamhar menyampaikan terima kasih atas kehadiran tim Persipura Jayapura ditempatnya dan mengikuti upacara HUT kemerdekaan RI ke-69.

"Ini suatu kehormatan bagi kami dapat menyelenggarakan upacara bendera bersama tim Persipura Jayapura. Persipura ada di sini bukan hanya membawa nama baik Papua tetapi jauh dari itu bangsa dan negara Indonesia. Sehingga, sudah selayaknyalah kami perwakilan negara di sini mengundang mereka untuk ikuti upacara bendera," ujar Ferry.

Semoga Menang

Ferry juga mengakui bahwa dalam kurun waktu sepuluh terakhir, baru kali ini upacara HUT kemerdekaan RI diikuti oleh salah satu tim sepak bola terbaik Tanah Air.

Untuk itu, Ferry, mengharapkan dalam pertandingan nanti Persipura bisa meraih kemenangan dari tim tuan rumah Kuwait SC.

"Harapan saya, dengan adanya kami disini warga negara Indonesia. Tim Persipura merasa termotivasi untuk meraih hasil positif dan kami akan berikan dukungan langsung nanti di lapangan," kata dia.

Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-69 berlangsung singkat di dalam ruangan kecil yang diikuti pegawai KBRI bersama wrga Indonesia yang bekerja di Kuwait City Kawasan Kaifan dan tim Persipura.

Dalam upacara itu dibacakan teks proklamasi, UUD 1945, Pancasila, dan peserta menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home