Loading...
SAINS
Penulis: Ignatius Dwiana 06:41 WIB | Selasa, 04 Februari 2014

Komnas Pengendalian Tembakau Sosialisasi Bahaya Rokok

Komnas Pengendalian Tembakau Sosialisasi Bahaya Rokok
Segerombolan zombie kegiatan sosialisasi melek bahaya rokok. (Foto: Ignatius Dwiana)
Komnas Pengendalian Tembakau Sosialisasi Bahaya Rokok
Peserta sosialisasi melek bahaya rokok berfoto.

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Komisi Nasional Pengendalian Tembakau (Komnas PT) menyelenggarakan kegiatan sosialisasi melek bahaya rokok. Kegiatan sosialisasi bertema ‘Sudah Waktunya Indonesia Melek Bahaya Rokok’ bertempat di area car free day Bundaran Hotel Indonesia Jakarta pada Minggu (2/2).

Kegiatan sosialisasi ini berbentuk karnaval, panggung hiburan, dan penyebaran angket. Khusus karnaval menampilkan segerombolan zombie berwajah seram yang berjalan mengitari area car free day.

Kegiatan yang terselenggara dengan dukungan Kementerian Kesehatan ini bersifat promotif dan preventif. Tujuannya untuk mengingatkan kembali masyarakat akan resiko kesehatan yang disebabkan merokok dengan mendukung Peraturan Presiden 109 Tahun 2012 tentang Tembakau dan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 28 Tahun 2013 tentang Pencantuman Peringatan Kesehatan dan Informasi Kesehatan pada Kemasan Produk Tembakau.

Promosi rokok yang terbuka dan marak telah mempersepsi publik bahwa rokok yang berbahaya menjadi perilaku sosial yang lazim. Orang pun tidak mengerti akan bahayanya.

Ketua Umum Komnas PT Prijo Sidipratomo dalam aksi itu menjelaskan, ”risiko kesehatan yang disebabkan oleh tembakau seakan terlupakan. Sudah waktunya Indonesia diingatkan bahwa merokok bukanlah perilaku yang lazim diterima. Sudah waktunya masyarakat diberitahu dan diingatkan kembali akan resiko kesehatan yang disebabkan merokok, baik para perokok aktif maupun pasif. Sudah waktunya kita mendukung aksi konkret Pemerintah dalam melindungi kesehatan kita.”

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home