Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 16:52 WIB | Jumat, 17 Januari 2014

Laporan: Rokok Lebih Berbahaya dari yang Diketahui Selama Ini

WASHINGTON, SATUHARAPAN.COM – Sebuah laporan menyebutkan bahwa merokok dapat menyebabkan masalah kesehatan yang lebih luas daripada kanker paru-paru, termasuk kebutaan, diabetes, disfungsi ereksi dan kanker hati.

Laporan pemerintah Amerika Serikat itu dipublikasikan hari Jumat (17/1) merupakan hasil temuan Surgeon General terbaru. Laporan itu disampaikan secara resmi diumumkan di Gedung Putih, dalam sebuah upacara memperingati  50 tahun laporan pertama  yang memperingatkan bahwa rokok menyebabkan kanker paru-paru.

Meskipun tingkat perokok turun di Amerika Serikat, menjadi  18 persen  dari 42 persen pada lima dekade lalu, rokok modern lebih kuat dan lebih berbahaya dari sebelumnya, kata pejabat  Surgeon General,  Boris Lushniak.

"Perokok saat ini memiliki risiko lebih besar terkena kanker paru-paru daripada yang mereka lakukan saat laporan pertama Surgeon General dirilis pada tahun 1964, meskipun mereka merokok lebih sedikit," kata Lushniak.

Perubahan Kimia

"Rokok yang dibuat dan bahan kimia yang dikandungnya telah berubah selama bertahun-tahun, dan beberapa perubahan tersebut mungkin menjadi faktor dalam risiko kanker paru-paru yang lebih tinggi," kata dia menambahkan.

Laporan itu mengatakan para ahli sekarang tahu bahwa merokok aktif dapat menyebabkan bentuk umum dari kebutaan yang disebut degenerasi makula yang berkaitan dengan usia, serta diabetes, kanker kolorektal dan kanker hati.

Merokok juga dapat menyebabkan tuberkulosis, disfungsi ereksi, sumbing pada bayi, kehamilan ektopik, rheumatoid arthritis, peradangan, gangguan fungsi kekebalan, dan memperburuk prospek untuk pasien kanker selamat. Mereka yang tidak merokok tetapi terpapar asap meningkat dalam risiko stroke, kata laporan itu.

Lebih dari 20 juta orang di Amerika Serikat meninggal karena penyakit terkait merokok dan penyakit yang disebabkan oleh merokok pasif. Dan merokok tetap menjadi penyebab utama kematian dini di Amerika Serikat, membunuh hampir setengah juta orang Amerika per tahun.

Disebutkan, 16 juta orang menderita kondisi yang berhubungan dengan merokok. Jika tingkat merokok saat ini tidak diturunkan  lebih jauh, satu dari 13 anak-anak yang hidup hari ini akan menderita penyakit terkait dengan merokok.

US$ 189 Miliar

Sedangkan biaya  akibat merokok di Amerika disebutkan lebih dari US$ 289 miliar (setara Rp 3.468 triliun) per tahun dalam perawatan medis langsung dan faktor ekonomi lainnya, kata dia.

Laporan itu menyalahkan epidemi ini terjadi akibat "strategi agresif industri tembakau yang telah sengaja menyesatkan masyarakat mengenai risiko merokok."  Ini adalah pembakaran yang sebenarnya dari sebuah rokok yang menghasilkan "campuran kimia yang kompleks lebih dari 7.000 senyawa yang menyebabkan berbagai penyakit," kata laporan itu.

Namun demikian, laporan itu juga mencatat bahwa "pola penggunaan tembakau telah berubah. Beberapa perokok berpaling ke rokok e-nikotin  yang mengandung dan produk lainnya seperti rasa cerutu ukuran kecil.

Nikotin sendiri masih jauh dari bebas risiko, terutama selama kehamilan dan dapat mengganggu perkembangan otak janin, serta menyebabkan persalinan prematur dan lahir mati.

Laporan sebelumnya dari  Surgeon General telah menemukan bahwa nikotin adalah adiktif. Dampak merokok hampir pada setiap organ tubuh, dan bahwa tidak ada tingkat bebas risiko atas paparan perokok pasif. Dan merokok telah ditemukan menyebabkan lebih dari selusin jenis kanker dan bahkan penyakit yang lebih kronis.

Penelitian AS yang dirilis pekan lalu menunjukkan bahwa meskipun terjadi pemotongan tingkat merokok secara global, jumlah perokok di dunia telah naik dari 721 juta pada 1980 menjadi 967 juta pada tahun 2012,  karena pertumbuhan penduduk dan  popularitas rokok di negara berkembang. (AFP)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home