Loading...
INDONESIA
Penulis: Windrarto 11:09 WIB | Selasa, 27 Agustus 2013

Konvensi Demokrat: 16 Peserta Ikuti Wawancara Hingga 30 Agustus

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM  - Empat figur yang diundang menjadi peserta konvensi Partai Demokrat, Selasa (27/8), dipanggil untuk diwawancarai anggota komite konvensi  di lantai 11 Wisma Kodel, Jalan HR Rasuna Said (Kuningan), Jakarta. Mereka yang dipanggil untuk diwawancarai adalah Anies Baswedan, Rektor Universitas Paramadina,  Ketua DPD Irman Gusman,  anggota  dewan pembina Partai Demokrat Hayono Isman, dan mantan Panglima TNI Jenderal  (Purn) Endriartono Sutarto.

Jubir Komite Konvensi Rully Charis dalam siaran persnya mengemukakan, wawancara har ini merupakan tahapan pra konvensi. Materi tahapan ini  berupa perkenalan dan pendalaman melalui tanya jawab dengan para calon peserta konvensi.

Pada Sabtu (24/8) lalu, Dino Pati Djalal, Duta Besar RI di Amerika Serikat, telah dipanggil untuk diwawancari pada sesi pra konvensi.  Diagendakan, wawancara terhadap para peserta yang diundang untuk mengikuti konvensi berlangsung hingga Kamis (29/8).

Sesudah seluruh peserta mengikuti wawancara tahap pra konvensi , hasilnya akan diumumkan pada Jumat, tanggal 30 Agustus . Hari itu akan diumumkan bakal calon presiden yang dipilih komite konvensi Partai Demokrat  untuk mengikuti  tahapan selanjutnya.

Konvensi untuk menjaring calon presiden dan wakil presiden yang digelar Partai Demokrat berlangsung hingga Mei 2014. Sebanyak 16 figur telah secara resmi diundang untuk mengikuti konvensi yang diketuai mantan Menteri Agama Maftuh Basyuni dan beranggotakan 17 orang.

Di antara 16 figur yang diundang hanya terdapat satu perempuan yakni mantan Wakil Gubernur Jawa Tengah Rustriningsih. Dia merupakan politisi PDI Perjuangan. Kalangan PDI Perjuangan bereaksi keras manakala mengetahui kadernya itu bersedia mengikuti konvensi Partai Demokrat. Rustriningsih terancam gugur keanggotaannya di PDI Perjuangan bila dia memutuskan untuk mengiktuinya.

Lain halnya dengan Jusuf Kalla, mantan Wakil Presiden pada periode pertama Susilo Bambang Yudhoyono menjadi presiden. Ia diundang menjadi peserta konvensi, namun tidak segera menyatakan keputusannya. Ketua PMI Pusat ini  tidak menolak namun tidak pula menerima. Atas sikapnya itu, dia diberi waktu hingga tanggal 30 Agustus 2013 untuk memutuskannya.

Berikut 16 peserta yang diundang mengikuti konvensi Partai Demokrat:

  1. Anis Baswedan, Rektor Universitas Paramadina
  2.  Dahlan Iskan, Menteri BUMN;
  3. Dino Patti Djalal, Duta Besar RI di Amerika Serikat;
  4.  Gita Wiryawan, Menteri Perdagangan;
  5.  Hayono Isman, anggota Dewan Perwakilan Rakyat;
  6.  Irman Gusman, Ketua Dewan Perwakilan Daerah;
  7.  Isran Noor, Bupati Kutai Timur;
  8.  Mahfud Md, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi;
  9.  Marzuki Alie, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat;
  10.  Pramono Edhie Wibowo, mantan KSAD;
  11.  Sinyo Harry Sarundajang, Gubernur Sulawesi Utara;
  12. Soekarwo, Gubernur Jawa Timur;
  13.  Rustriningsih, mantan Wagub Jawa Tengah;
  14. Jusuf Kalla, Ketua PMI Pusat;
  15. Endriatono Sutarto, mantan Panglima TNI;
  16. Ali Masykur Musa, anggota BPK.

BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home