Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 18:06 WIB | Rabu, 05 Februari 2014

Korea Utara dan Selatan Bahas Reuni Keluarga

pertemuan delegasi Korea Utara dan Selatan untuk program reuni keluarga. (Foto: dari ccb.co.uk)

PANMUNJOM, SATUHARAPAN.COM – Korea Utara dan Selatan mengadakan pembicaraan pada hari Rabu (5/2) untuk  melanjutkan membahas reuni keluarga yang terpisah akibat Perang Korea. Namun demikian, hal ini merupakan  isu yang krusial bagi Korea Utara, karena menuduh Selatan menggunakan untuk  tawar-menawar.

Pertemuan  itu dilakukan di desa  perbatasan Panmunjom, tempat gencatan senjata disepakati untuk  mengakhiri konflik  pada 1950-1953. Pertemuan bertujuan untuk menetapkan tanggal  reuni  seperti yang dilakukan  pada 2010.

Perjanjian akan dilihat sebagai tanda kecil kemajuan antara dua rival dalam beberapa tahun terakhir. Kedua Korea, telah berjuang untuk bekerja sama dan membangun kepercayaan.

Pembicaraan serupa antara Korea Utara dan Selatan  dilakukan oleh Palang Merah pada bulan Agustus tahun lalu, dan  diakhiri dengan kesepakatan untuk mengadakan reuni pada bulan berikutnya untuk beberapa ratus anggota keluarga.

Setelah proses seleksi  keluarga yang dipilih mereka  akan bertemu di Gunung Kumgang Utara. Namun  pihak Pyongyang membatalkan acara tersebut hanya empat hari sebelum hari yang dijadwalkan.

Meskipun ada pembicaraan di antara pejabat kedua Korea, ada kekhawatiran luas di antara keluarga bahwa mereka bisa menjadi kecewa lagi. Apalagi, Korea Selatan akan memulai latihan militer bersama dengan Amerika Serikat pada akhir Februari, dan ada peringatan dari Korea Utara konsekuensi jika latihan tetap dilakukan.

"Kami akan melakukan yang terbaik untuk membawa kabar baik untuk keluarga yang terpisah," kata kepala delegasi Korea Selatan, Lee Duck-Hang, kepada wartawan sebelum meninggalkan Seoul untuk pertemuan di Panmunjom.

Jika pembicaraan hari Rabu ini disepakati dengan perjanjian, maka  setiap acara reuni kemungkinan akan dijadwalkan setelah latihan militer, karena rentan terhadap ketegangan akibat latihan tersebut. (AFP)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home