Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 11:40 WIB | Kamis, 19 Mei 2022

Korea Utara Laporkan 262.270 Kasus Baru COVID-19

Foto yang disediakan oleh pemerintah Korea Utara menunjukkan seorang dokter mengunjungi sebuah keluarga selama kegiatan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang langkah-langkah pencegahan COVID-19, di Pyongyang, Korea Utara Selasa, 17 Mei 2022. Wartawan independen tidak diberi akses untuk meliput peristiwa yang digambarkan dalam gambar ini didistribusikan oleh pemerintah Korea Utara. Konten gambar ini adalah seperti yang disediakan dan tidak dapat diverifikasi secara independen. Tanda air bahasa Korea pada gambar yang disediakan oleh sumber berbunyi: "KCNA" yang merupakan singkatan dari Korean Central News Agency. (Kantor Berita Pusat Korea/Layanan Berita Korea via AP)

PYONGYANG, SATUHARAPAN.COM-Korea Utara pada Kamis (19/5) melaporkan 262.270 lebih banyak kasus terduga COVID-19 ketika beban kasus pandemi mendekati dua juta, sepekan setelah negara itu mengakui wabah itu dan berupaya memperlambat infeksi pada populasinya yang tidak divaksinasi.

Negara ini juga berusaha mencegah ekonominya yang rapuh agar tidak memburuk, tetapi wabah itu bisa lebih buruk daripada yang dilaporkan secara resmi, karena negara itu tidak memiliki tes virus dan sumber daya perawatan kesehatan lainnya, dan mungkin tidak melaporkan kematian untuk melunakkan dampak politik pada pemimpin otoriter Kim Jong Un.

Markas besar anti virus Korea Utara melaporkan satu kematian tambahan, meningkatkan jumlah korban menjadi 63, yang menurut para ahli sangat kecil dibandingkan dengan jumlah dugaan infeksi virus corona.

Kantor Berita Pusat Korea (KCNA) mengatakan lebih dari 1,98 juta orang menderita demam sejak akhir April. Sebagian besar diyakini memiliki COVID-19, meskipun hanya beberapa infeksi varian Omicron yang telah dikonfirmasi. Setidaknya 740.160 orang dikarantina, kantor berita melaporkan.

Wabah COVID-19 Korea Utara terjadi di tengah serangkaian demonstrasi senjata yang provokatif, termasuk uji coba pertama rudal balistik antar benua dalam hampir lima tahun pada bulan Maret.

Para ahli tidak percaya wabah COVID-19 akan memperlambat sikap Kim yang bertujuan menekan Amerika Serikat untuk menerima gagasan Korea Utara sebagai kekuatan nuklir dan merundingkan konsesi ekonomi dan keamanan dari posisi yang kuat.

Penasihat keamanan nasional Gedung Putih, Jake Sullivan, mengatakan pada hari Rabu (18/5) bahwa intelijen AS menunjukkan ada “kemungkinan nyata” bahwa Korea Utara akan melakukan uji coba rudal balistik atau uji coba nuklir lain di sekitar kunjungan Presiden Joe Biden ke Korea Selatan dan Jepang yang dimulai akhir pekan ini.

Setelah mempertahankan klaim yang meragukan bahwa mereka telah menjauhkan virus dari negara itu selama dua setengah tahun, Korea Utara mengakui infeksi COVID-19 pertamanya pada 12 Mei dan telah menggambarkan penyebaran yang cepat sejak itu. Kim menyebut wabah itu sebagai "pergolakan besar."  Dia mencaci para pejabat karena membiarkan virus menyebar dan membatasi pergerakan orang dan pasokan antar kota dan wilayah.

Para pekerja dikerahkan untuk menemukan orang-orang yang diduga memiliki gejala COVID-19 yang kemudian dikirim ke karantina, metode utama untuk menahan wabah karena Korea Utara kekurangan pasokan medis dan unit perawatan intensif yang menurunkan rawat inap dan kematian COVID-19 di negara lain.

Gambar-gambar media pemerintah menunjukkan petugas kesehatan dengan pakaian hazmat menjaga jalan-jalan tertutup Pyongyang, mendisinfeksi bangunan dan jalan-jalan dan mengirimkan makanan dan persediaan lainnya ke blok-blok apartemen.

Terlepas dari banyaknya orang sakit dan upaya untuk mengekang wabah, media pemerintah menggambarkan sekelompok besar pekerja terus berkumpul di pertanian, fasilitas pertambangan, pembangkit listrik, dan lokasi konstruksi.

“Semua sektor ekonomi nasional meningkatkan produksi secara maksimal dengan tetap memperhatikan langkah-langkah anti epidemi yang diambil oleh partai dan negara,” lapor Korean Central News Agency (KCNA).(AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home