Loading...
INDONESIA
Penulis: Endang Saputra 16:39 WIB | Rabu, 19 Agustus 2015

KPK: Fahri Wajar Lontarkan Dukungan KPK Dibubarkan

Pelaksana Tugas (Plt) Komisioner Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Indriyanto Seno Adji (kiri). (Foto: Dok satuharapan.com/Endang Saputra).

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Pelaksana Tugas (Plt) Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Indriyanto Seno Adji, menilai wajar Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah, dengan latar belakang jabatan dan kepentingan politiknya, menyatakan dukungannya agar KPK dibubarkan lantaran bertindak sewenang-wenang dan menyimpang dari konstitusi.

“Dengan latar belakang jabatan dan kepentingan politiknya, kami memahami komentar yang dilontarkan Fahri Hamzah, terhadap statement-statement itu,” kata Indriyanto, saat dikonfirmasi wartawan, di Gedung KPK, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, hari Rabu (19/8).

“Dalam menjalankan tugas-tugas dan wewenangnya KPK sudah membuktikan profesionalitasnya sebagai penegak hukum, dengan membangun kepercayaan publik dalam mencegah dan menindak perbuatan koruptif,“ kata dia.

Indriyanto menegaskan KPK tak pandang bulu ketika melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap siapa pun yang bertindak menyimpang, baik dari lembaga negara maupun kader partai politik yang menjadi anggota DPR ataupun di kementerian.

"KPK melakukan OTT terhadap pejabat negara, juga siapa pun dengan perilaku-perilaku tercela dan menyimpang dari lembaga termasuk parpol yang menjabat kekuasaan publik seperti DPR maupun kementerian atau kelembagaan," kata dia.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah mengaku sangat mengerti penyebab Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengkritisi keberadaan sejumlah lembaga nonstruktural bersifat ad hoc di Republik Indonesia, termasuk KPK.

"Jadi, saya mengerti betul kemarahan Ibu Mega di Hari Konstitusi itu, karena semuanya sudah menyimpang dari konstitusi," kata Fahri Hamzah, menyikapi pernyataan Megawati di gedung DPR, Senayan, Jakarta, pada hari Selasa (18/8).

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home