Loading...
INDONESIA
Penulis: Endang Saputra 12:33 WIB | Rabu, 25 Februari 2015

KPK Periksa Tiga Pegawai BPK

Ilustrasi. Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). (Foto: dok.satuharapan.com/ Endang Saputra)

JAKARTA,SATUHARAPAN.COM - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hari ini menjadwalkan pemeriksaan tiga Pegawai Negeri Sipil (PNS) Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) sebagai saksi untuk tersangka mantan Wali kota Tomohon, Sulawesi Utara, Jefferson Soleman Montesque Rumanjar (JSMR) dalam kasus dugaan korupsi penggunaan dana kas Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tomohon tahun anggaran 2009-2010.

"Yang bersangkutan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Jefferson Soleman Montesque Rumanjar," kata Kabag Pemberitaan dan Publikasi KPK, Priharsa Nugraha di Gedung KPK, Jalan HR, Rasuna Said, Jakarta Selatan, Rabu (25/2).

Para saksi yang akan diperiksa penyidik dalam kasus ini adalah Bahar, PNS di BPK Jakarta (mantan auditor ahli pratama BPK Sulawesi Utara), Glenn D Siwu selaku pegawai BPKP Sulawesi Tenggara (mantan Kabid Anggaran DPPKAD kota Tomohon), dan Edward Niclas Sompotan pegawai BPKP (auditor muda).

Ketiga saksi itu diduga akan ditelisik soal dugaan korupsi Jefferson terkait APBD Kota Tomohon tersebut. Utamanya menyoal audit APBD.

"Selain diperiksa sebagai saksi, pemeriksaan mereka juga untuk melengkapi berkas penyidikan tersangka JSMR," tambah Priharsa Nugraha.

Dalam kasus itu, KPK sudah menetapkan Jefferson sebagai tersangka pada 2012. Jefferson diduga melanggar pasal 2 dan atau pasal 3 undang-undang tindak pidana korupsi (tipikor). Jefferson juga diduga melakukan penyalahgunaan kewenangan dalam penggunaan dana kas Pemerintah Tomohon.

Kasus tersebut merupakan pengembangan kasus Jefferson sebelumnya. Dalam persidangan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta pada 10 Mei 2011, Jefferson divonis sembilan tahun penjara ditambah denda Rp 200 juta subsidair dua bulan kurangan. Dia dianggap terbukti menyalahgunakan penggunan dana Pemkot Tomohon senilai total Rp 30,8 miliar dalam kurun 2006-2008. 

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home