Loading...
EKONOMI
Penulis: Melki Pangaribuan 20:19 WIB | Selasa, 07 Juni 2016

KPPU Pastikan Ada Mafia Permainkan Harga Pangan

Ketua Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU), Syarkawi Rauf. (Foto: Melki Pangaribuan)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Ketua Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU), Syarkawi Rauf, memastikan ada mafia pada sejumlah komoditas pangan yang mempermainkan harga pangan setiap tahunnya, khususnya menjelang Ramadan dan Idul Fitri.

Hal itu dia pastikan setelah KPPU menghukum 32 feedloter (pengusaha penggemukan sapi) yang melakukan praktik kartel daging sapi.

“Nah indikasi yang mengarah ke sana itu yang kita lihat mafianya. Tapi apakah ada? Nanti proses hukum yang akan menentukan,” kata Syarkawi Rauf kepada satuharapan.com di Kantor KPPU, Jakarta, hari Selasa (7/6).

"Kita sudah menghukum 32 feedloter bahkan kita buktikan bahwa mereka memang melakukan praktik kartel. Nah, kemungkinan terjadinya praktik yang sama di komoditas yang lain itu sangat besar," kata dia menambahkan.

Menurut dia, setiap komoditas ada perusahaan yang dominan menguasai pasar juga menyebabkan timbulnya kartel atau praktik persekongkolan untuk menetapkan harga di pasaran.

"Di setiap titik itu ada perusahaan-perusahaan yang dominan. Nah, perusahaan-perusahaan yang dominan di pasar inilah yang berpotensi melakukan persengkokolan untuk menahan pasokan ke pasar, harga menjadi tinggi atau bahkan mereka bersepakat untuk menetapkan harga," katanya.

Dia mengatakan, saat ini KPPU sedang mengawasi 55 importir yang mendapatkan jatah kuota impor. Menurutnya, tidak banyak perusahaan mendapatkan kuota besar oleh karena itu KPPU tengah mengawasi para importir tersebut.

"Saya enggak tahu tapi ada 55 importir yang kurang lebih mendapat kuota impor. Nah ini kita awasi mereka itu dan tidak banyak yang mendapatkan kuota besar. Mungkin ada lima sampai tujuh importir besar," kata dia.

"Semua komoditas yang terkonsentrasi, artinya pemainnya tidak banyak. Ada penguasanya di situ, itu semua kita monitor," kata dia menegaskan.

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
LAI Got talent
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home