Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 08:03 WIB | Jumat, 11 Oktober 2013

Kualifikasi Piala AFC U-19: Indonesia Kalahkan Filipina, Tetap Waspadai Korea Selatan

Kesebelasan Indonesia U-19. (foto: timnasgaruda.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Kesebelasan Indonesia di bawah usia 19 tahun (U-19) kembali menunjukkan performa bagus saat melakoni laga kedua Kualifikasi Piala AFC U-19 yang berlangsung Kamis (10/10) malam di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta.

Pada pertandingan yang baru saja berakhir tiga jam yang lalu, Indonesia mengalahkan Filipina 2-0. Filipina tampil bagus menggalang pertahanan, sehingga acapkali Indonesia kerepotan membongkar pertahanan Filipina.

Beberapa peluang emas tercipta, antara lain pada menit ke-20 ketika bola hasil sundulan gelandang Dinan Yahdian menyambut tendangan penjuru kapten kesebelasan Evan Dimas berhasil ditepis kiper Filipina, Ronilo Bayan.  Bola yang masih berada di kotak penalti ditendang Dinan akan tetapi tendangannya masih melambung.

Pada menit ke-26, tendangan Evan Dimas membentur mistar gawang, namun semenit berselang tendangan bebas gelandang sayap, Muhammad Hargianto berhasil membawa Indonesia unggul. Bola sepakan Hargianto sukses mengecoh Ronilo.

Peluang emas lebih banyak dihasilkan Indonesia, karena Filipina memasang strategi bertahan total dengan sesekali berharap Indonesia lengah saat serangan balik, tetapi peluang emas mampu dihasilkan Indonesia, lewat gelandang Zulfiandi pada menit ke-56

Tiga menit memasuki babak kedua, Indonesia langsung menciptakan peluang ketika tendangan Evan Dimas di dalam kotak penalti usai menyambut umpan tarik Dinan Yahdian masih bisa ditepis kiper Ronilo. Pada menit ke-56, tendangan Zulfiandi dari luar kotak penalti menuntaskan kerjasama Fahri dan Dinan juga berhasil ditepis oleh Ronilo.

Kegigihan pemain Indonesia untuk menambah gol baru membuahkan hasil pada menit ke-82 melalui pemain pengganti Yabes Malaifani.

Pada partai selanjutnya, yang dijadwalkan Sabtu (12/10) Indonesia akan menghadapi puncak pimpinan klasemen saat ini, Korea Selatan (Korsel) yang beberapa jam sebelumnya membantai Laos 5-1.

Indonesia patut mewaspadai Korea Selatan selaku pemegang juara bertahan Piala AFC U-19 dua tahun silam, karena pada pertandingan antara Korsel dengan Laos yang berakhir satu jam sebelum laga Indonesia itu, Korsel telah mampu unggul tiga gol pada babak pertama.

Pada babak pertama gol-gol Korsel dihasilkan tiga gelandang serangnya, Hwang Hee Chan, Seol Taesu, dan Lee Jong Bin. Nama yang terakhir ini mencatatkan hattrick (tiga gol dalam satu pertandingan) pada pertandingan ini, karena pada babak kedua mencetak dua gol tambahan. Sementara satu-satunya gol Laos dihasilkan Soukchinda Natphasouk.

Pelatih Korea Kim Sang Ho seusai pertandingan mengatakan timnya akan merubah strategi saat melawan tuan rumah Indonesia hari terakhir nanti, Sabtu (12/10).

“Kami bangga atas skor yang didapat hari ini, untuk menghadapi Indonesia, kami akan merubah total mulai dari pemain, strategi dan lainnya, pola permainan tim Laos hari ini sangat bagus. Terutama pertahanannya dan kipernya, kami berharap sukses untuk timnas Laos untuk ke depannya," kata Kim Sang Ho.

Kim menambahkan saat ini timnya telah siap melawan Indonesia, karena pertandingan akan menarik dan menentukan.

"Pertandingan melawan Indonesia sangat penting bagi kami, apalagi Indonesia adalah tuan rumah. Pasti laga itu akan sangat ditunggu dan berlangsung menarik. Kami sudah siap untuk melawan Indonesia," kata Kim Sang Ho, dalam jumpa pers usai pertandingan melawan Laos.  (goal.com/timnasgaruda.com)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home