Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta 14:18 WIB | Rabu, 11 September 2013

Kualifikasi Piala Dunia Zona Amerika Selatan: Argentina Permalukan Tuan Rumah Paraguay 5-2

Kualifikasi Piala Dunia Zona Amerika Selatan: Argentina Permalukan Tuan Rumah Paraguay 5-2
Lionel Messi, dan Sergio Aguero berpelukan setelah gol (foto-foto: fifa.com)
Kualifikasi Piala Dunia Zona Amerika Selatan: Argentina Permalukan Tuan Rumah Paraguay 5-2
Roque Santa Cruz, penyerang Paraguay (membawa bola) setelah mencetak gol bagi Paraguay.
Kualifikasi Piala Dunia Zona Amerika Selatan: Argentina Permalukan Tuan Rumah Paraguay 5-2
Penjaga gawang Roberto Fernandez, (kaos kuning) berjibaku menyelamatkan gawangnya setelah kebobolan dari Angel Di Maria (Argentina, kaus biru putih)

ASUNCION, SATUHARAPAN.COM – Argentina tanpa ampun memberi pelajaran bermain sepakbola kepada Paraguay. Karena, pada pertandingan yang berlangsung di ibukota Paraguay, Asuncion pada Rabu (11/9) menghasilkan tujuh gol bagi kemenangan Argentina dengan skor 2-5.  

Kemenangan dengan lima gol yang diraih Lionel Messi dan kawan-kawan tersebut memastikan diri lolos ke putaran final Piala Dunia 2014.

Pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Defensores del Chacho, Asuncion, Rabu (11/9) pagi WIB, penyerang Argentina yang bermain di Barcelona (Spanyol) Lionel Messi menyumbangkan sepasang gol untuk Argentina ditambah oleh rekannya yang bermain di Manchester City, Sergio Aguero, kemudian ditambah dengan gelandang sayap kiri Real Madrid, Angel Di Maria dan pemain pengganti Maxi Rodriguez dengan masing-masing mencetak satu gol. Sementara itu, Jose Ariel Nunez dan Roque Santa Cruz memberi gol hiburan bagi tuan rumah.

Kemenangan ini membawa Argentina mengoleksi 29 poin dan tetap di pucuk klasemen sementara Kualifikasi Piala Dunia Zona Amerika Selatan (Conmebol).

Argentina mengawali pesta gol pada saat pertandingan memasuki menit ke-12, setelah Sergio Aguero dijatuhkan di areal penati oleh penjaga gawang Paraguay, Roberto Fernandez. Lionel Messi selaku algojo tendangan penalti dengan tenang mengecoh Roberto Fernandez. Messi yang maju sebagai algojo mengecoh Fernandez dan sukses membawa Argentina unggul 1-0.

Keunggulan Argentina hanya bertahan selama lima menit, karena bola memantul yang dilepaskan pemain belakang Paraguay, Miguel Samudio ke arah kotak penalti gagal ditangkap Sergio Romero sehingga dengan mudah disundul penyerang Paraguay, Nunez dan skor menjadi imbang 1-1.

Rodrigo Palacio melewatkan peluang untuk membawa Argentina kembali unggul pada tiga menit berselang. Sayang sekali, tandukannya justru melebar.

Serangan Paraguay hampir membobol Argentina. Sundulan Santa Cruz di menit ke-30 berhasil ditepis ke atas gawang oleh Romero.

Argentina akhirnya mampu menggandakan keunggulannya pada menit ke-32. Aguero dan Messi melakukan kerja sama yang kompak di lini depan, Aguero melepaskan sepakan yang tidak mampu dijangkau penjaga gawang Fernandez, sehingga skor kini 2-1 untuk keunggulan Argentina.

Memasuki babak kedua, Argentina tidak butuh waktu lama untuk memperbesar skor menjadi 3-1. Di menit ke-50, Di Maria menaklukkan Fernandez dalam duel one on one setelah menerima umpan matang dari Fernando Gago.

Pada babak kedua, Angel Di Maria memperlebar kemenangan Argentina menjadi 3-1, setelah secara luar biasa dia mendapat umpan dari rekannya gelandang kiri Argentina, Fernando Gago.

Argentina semakin jauh meninggalkan Paraguay. Messi kembali membuat gol lewat titik putih di menit ke-52 setelah dilanggar pemain belakang Paraguay, Salustiano Candia.  Paraguay tidak larut dalam kesedihan ini terbukti saat mereka mampu mencetak gol melalui Roque Santa Cruz yang mencetak gol hiburan pada menit ke-86, berawal dari umpan lambung Miguel Samudio yang jatuh tepat ke kepala Santa Cruz, dan hasilnya memuaskan. Kegembiraan yang sesaat dari tim nasional Paraguay tersebut hanya berlangsung beberapa menit saja, karena pada menit ke-90 gelandang Argentina, Maxi Rodriguez memastikan Argentina lolos ke Piala Dunia 2014 dengan gol pamungkasnya di pertandingan tersebut.

Sementara itu pada saat yang bersamaan berlangsung pertandingan persahabatan menjelang pemanasan Piala Dunia 2014, tim nasional Brasil berhasil menuai hasil positif saat berhadapan dengan Portugal dalam laga persahabatan. Brasil berhasil mengalahkan negara penjajahnya tersebut dengan skor 3-1, pada pertandingan yang berlangsung di  Gillette Stadium, Foxborough, Massachusetts, Amerika Serikat, Rabu (11/9/2013) pagi WIB.

Portugal bisa unggul lebih dulu berkat gol yang diciptakan Raul Meireles pada menit ke-18. Lima menit berselang, Brasil mampu menyamakan kedudukan. Thiago Silva yang mencetak gol penyeimbang. Berawal dari tendangan sudut, dia mampu mengirim bola masuk ke gawang yang dikawal Rui Patricio.

Neymar membawa Brasil unggul dengan golnya di menit 34, lalu kemudian pada babak kedua Brasil memperlebar keunggulan di menit 49, lewat Jo.

Susunan pemain :

Paraguay: Da Silva, Candia, Caceres, Samudio, Riveros, Fabbro (digantikan Rojas pada menit ke-55), Ayala, Ortiz (Aquino 21) (Romero 46), Santa Cruz, Nunez

Argentina: Romero, Coloccini, Zabaleta, Basanta, Campagnaro, Biglia, Gago (digantikan Rodriguez pada menit ke-86), Di Maria, Messi, Aguero (Banega 77), Palacio (Lavezzi 65)

Hasil pertandingan lain: Uruguay 2-0 Kolombia, Venezuela 3-2 Peru, Bolivia 1-1 Ekuador.

Hasil Pertandingan Kualifikasi Piala Dunia Zona Amerika Tengah dan Utara: Jamaika 1-1 Kosta Rika, AS 2-0 Meksiko, Honduras 2-2 Panama.

Kualifikasi Piala Dunia Zona Afrika (9/9): Mesir 4-2 Guinea, Aljazair 1-0 Mali.

Kualifikasi Piala Dunia Zona Asia (9/9) : Uzbkekistan 1-1 Yordania.

 (goal.com/sportsmole.co.uk/guardian.com)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home