Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta 05:57 WIB | Minggu, 08 September 2013

Kualifikasi Piala Dunia Zona Afrika: Walau Hajar Botswana 4-1, Afrika Selatan Sedih Tak Lolos Piala Dunia 2014

Tokelo Rantie (kaus kuning, Afrika Selatan berusaha melepaskan diri dari kawalan Moggorosi Botswana. (Foto: fifa.com)

DURBAN, SATUHARAPAN.COM - Kesebelasan tim nasional Afrika Selatan menang telak 4-1 atas Botswana pada kualifikasi piala dunia Zona Afrika, pada pertandingan yang berlangsung Sabtu (7/9)  di Stadion Moses Madhiba, Durban, Afsel.

Pemain tengah Afsel Kagiso Dikgacol menebar ancaman pada menit ke-7 ke gawang Botswana yang dijaga Kabelo Dambe. Tendangan kencang pemain yang merumput di Crystal Palace Inggris ini nyaris saja memberi keunggulan 1-0 bagi Afrika Selatan apabila bola tidak tertahan Kabelo Dambe.  

Pemain tengah Afrika Selatan, Erasmus mencetak gol pertama bagi Afsel sekaligus memberi keunggulan bagi Afsel pada menit ke-28, setelah gelandang Bernard Parker memberi umpan hasil tendangan bebas dari pojok kanan pertahanan Botswana.

Dean Furman gelandang Afrika Selatan yang bermain di Doncaster Rovers Irlandia menggandakan keunggulan pada menit ke-40, hingga babak pertama kedudukan 2-0 bagi Afrika Selatan.

Sebelum babak kedua dimulai, para penonton yang memadati Stadion Moses Madhiba, Durban dibuat cemas karena pada pertandingan lain, Republik Afrika Tengah dan Etiopia, kedudukan sama kuat yakni 1-1 sehingga apabila Etiopia menang maka Afrika Selatan tersingkir dari kualifikasi Piala Dunia Zona Afrika, karena Etiopia akan berada di puncak klasemen Grup A dengan nilai 13 dan Afrika Selatan dengan nilai 11.

Pada babak kedua Afrika Selatan dibebani misi harus menang, sembari berharap Etiopia kalah. Ketegangan ini dimanfaatkan oleh Jerome Ramatlhakwane, gelandang Botswana yang berhasil mencetak gol bagi Botswana dan memperkecil keadaan menjadi 1-2 pada menit ke-73.

Amat disayangkan, karena dua gol Afrika Selatan yang diborong gelandang Bernard Parker pada menit ke-84 dan ke-89 tidak cukup membawa Afrika Selatan lolos ke playoff Kualifikasi Piala Dunia sesama negara Afrika, karena Kualifikasi Piala Dunia Zona Afrika hanya mengkhususkan juara grup yang melaju ke putaran selanjutnya. Juara grup A Kualifikasi Piala Dunia Zona Afrika diraih Etiopia, yang pada pertandingan lain mengalahkan Republik Afrika Tengah 1-2.

Kegagalan Afrika Selatan lolos ke Piala Dunia 2014 jelas menjadi tamparan keras bagi negara yang pernah dipimpin oleh Nelson Mandela ini. Afrika Selatan merupakan salah satu negara Afrika yang langganan tampil di Piala Dunia. Selain bertindak sebagai tuan rumah Piala Dunia 2010, Afrika Selatan juga pernah tampil di Piala Dunia 1998 dan 2002.

Susunan Pemain Afrika Selatan: Idgo Khune, A. Ngongca, Khumalo, T.Nthethe, Matlaba, D. Furman, K. Dikgacoi, S.Tshabalala, Erasmus, Parker, T. Rantie

Botswana: Kabolo Dambe, Thuma, Olerile, Motlhabankwe, Gabonamong, O. Nato, Mogorosi, Moyana, Ramatlhakwane, Marco Ngele, J. Motlhatego.

Sementara hasil pertandingan lain:

Kualifikasi Piala Dunia Zona Afrika: Republik Afrika Tengah 1-2 Ethiopia, Nigeria 2-0 Malawi,  Angola  4-1 Liberia, Burkina Faso  1-0 Gabon, Niger  2-2 Congo,  Gambia  2-0 Tanzania, Sierra Leone 3-2 Equatorial Guinea, Pantai Gading 1-1 Maroko, Tunisia 0-2 Cape Verde Islands, Senegal  0-0 Uganda

Kualifikasi Piala Dunia Zona Eropa: Israel 1-1 Azerbaijan  (ulasbola.com/ goal.com/ fifa.com)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home