Loading...
HAM
Penulis: Bayu Probo 10:43 WIB | Selasa, 08 Juli 2014

Kunjungan ke Tanah Suci Teguhkan Sikap Pemimpin Muda WCC

Dr Ulysses Burley III, anggota Komite Sentral WCC. (Foto: oikoumene.org)

SATUHARAPAN.COM – Saat Dr Ulysses Burley III mengunjungi Palestina dan Israel enam bulan yang lalu, dia melangkah dengan tekad yang lebih kuat untuk bekerja demi keadilan sosial dengan seluruh kemampuannya. Sebelum perjalanan, yang diselenggarakan oleh Gereja Evangelical Lutheran di Amerika (ELCA) dalam kampanye “Perdamaian Bukan Dinding”, Burley sudah bekerja untuk mempelajari lebih lanjut tentang tantangan di wilayah tersebut.

Dia adalah bagian dari kelompok 16 orang dewasa muda yang bertemu dengan warga Palestina, Kristen, Israel, dan politisi yang merupakan perwakilan dari Ecumenical Accompaniment Programme in Palestine and Israel (EAPPI) dan Breaking the Silence.

EAPPI atau Program Pendampingan Ekumenis di Palestina dan Israel adalah badan Dewan Gereja Dunia (World Council of Churches/WCC) yang bertujuan memberikan perlindungan bagi masyarakat rentan, memantau dan melaporkan pelanggaran hak asasi manusia dan dukungan kedua pihak, Palestina dan Israel untuk bekerja sama membangun perdamaian. Sedangkan Breaking the Silence adalah kelompok mantan tentara dari tentara Israel yang berbicara secara terbuka tentang realitas keseharian mereka yang melayani di wilayah Palestina yang saat ini diduduki pemerintah Israel.

“Perjalanan ini khusus dirancang untuk menciptakan massa kritis orang dewasa muda yang dapat berbicara tentang masalah ini di AS,” kata Burley, yang dengan rekan-rekannya akan memimpin perjalanan ke Palestina dan Israel. Burley, anggota Komite Sentral WCC, merefleksikan kehidupannya yang tumbuh di Amerika Serikat telah memengaruhi pemikirannya tentang Israel dan Palestina.

“Ini telah menjadi salah satu isu utama saya setiap kali saya berbicara tentang keadilan dan perdamaian,” katanya. “Saya dapat berhubungan sebagai seorang Afrika-Amerika. Sebagai anggota dari sebuah kelompok etnis yang secara historis telah tertindas, ada banyak hal yang bisa diidentikkan dengan diri saya ketika berada di Tepi Barat.

Tapi, juga orang Israel menderita sejarah. Saya percaya orang terluka adalah orang-orang sakit “Burley tinggal di AS —di Chicago—tetapi telah berhenti mengandalkan jaringan berita utama AS untuk cakupan di Palestina dan Israel. “Ini tidak autentik,” katanya. “Saya mengandalkan majalah yang diterbitkan di sana, di wilayah tersebut, dan juga Al Jazeera dan BBC News.”

Karya WCC “berdering di hati saya”

Burley terpilih sebagai anggota Komite Sentral WCC pada Sidang Raya ke-10 di Busan, Korea Selatan, pada  November 2013.

Komite Sentral kemudian memilihnya sebagai anggota Komite Eksekutif WCC. “Saya pikir pekerjaan WCC adalah tentang keadilan sosial, dan melalui WCC saya telah terpapar hal-hal yang berdering benar di hati saya.”

Dilatih sebagai seorang dokter medis, termasuk belajar di Amerika Selatan, Burley mulai bekerja dengan pasien HIV dan AIDS. Karya ini kemudian memperkuat hubungan itu dengan tradisi imannya sendiri dan, akhirnya, untuk pekerjaan ekumenis juga. “Saya membantu ELCA menyusun strategi HIV mereka. Saya mulai lebih terlibat dalam platform berbasis agama bagi kesehatan masyarakat.

Saya bisa melihat investasi WCC dalam masalah kesehatan masyarakat,” kata dia. Burley, 31, ingin melihat para pemimpin gereja yang lebih muda berpartisipasi dalam badan pemerintah WCC dan program-programnya. “Saya berharap kami bisa membuat beberapa kompromi untuk memastikan bahwa kita mendapatkan pemuda untuk berpartisipasi,” kata dia. “Kami tidak banyak orang-orang di sini. Tapi itu bukan hanya masalah WCC—itu masalah gereja”. (oikoumene.org)

Artikel-artikel yang terkait karya EAPPI dapat Anda baca di:

Pemindahan Warga Palestina Cabut Kesempatan Perdamaian Adil
Sidang WCC: Ruang Advokasi bagi Perdamaian Palestina dan Israel
Sidang WCC: Merasakan Nasib Rakyat Palestina di Busan
Kisah dari wilayah Palestina yang Dijajah
Uni Eropa Diminta Tetap Teguh Posisinya Terkait Pemukiman Israel

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home