Loading...
SAINS
Penulis: Reporter Satuharapan 18:33 WIB | Rabu, 03 Juli 2013

Kursus Online untuk Mencegah Kekerasan

ilustrasi tentang kekerasan. (Foto: istimewa).

NEW YORK, SATU HARAPAN.COM – Setiap tahun, lebih dari 54.000 orang di Amerika Serikat kehilangan nyawa akibat tindakan kekerasan. Selain masalah fisik dan emosional yang luar biasa, kekerasan merupakan masalah medis dan hilangnya produktivitas  serta biaya lainnya.

Pada tahun 2000 lalu, masyarakat Amerika Serikat kehilangan  US$ 70 miliar akibat tindakan kekerasan. Angka tersebut akan meningkat jika kita menambahkannya pada tindakan pidana, biaya sistem peradilan, pelayanan sosial, dan biaya lainnya.

Menurut Direktur Center for Disease Control (CDC) Divisi Pencegahan Kekerasan, Dr. Howard Spivak, kekerasan bukanlah sesuatu yang terjadi begitu saja atau Anda tidak melakukan apa-apa tentang itu. Dan karenanya kekerasan dapat dicegah.

Salah satu cara yang dilakukan CDC untuk mencegah terjadinya kekerasan adalah menyelenggarakan kursus online gratis 24 jam sehari, tujuh hari seminggu.

Kursus-kursus tersebut menawarkan pendidikan dan konsep-konsep untuk pencegahan secara primer, pendekatan kesehatan masyarakat, dan model sosial-ekologis.

Peserta harus menyelesaikan latihan interaktif  dalam belajar, serta bisa mencegah lima jenis kekerasan antara lain; penyalahgunaan dan penelantaraan anak, kekerasan pasangan intim, kekerasan seksual, bunuh diri, kekerasan pemuda.

Pada dasarnya prinsip pencegahan dirancang untuk menghentikan kekerasan yang yang pernah terjadi. Ini membantu para profesional untuk mencari solusi dalam mengatasi kekerasan tersebut.

Kursus ini mengajarkan dasar-dasar metode pencegahan kekerasan yang efektif  dan menggabungkan hasil penelitian tentang apa yang telah berhasil dicapai.

Divisi Pencegahan Kekerasan bekerja untuk memantau luka yang disebabkan oleh kekerasan, meneliti hal apa yang menempatkan seseorang berada  pada risiko kekerasan,  atau melindungi mereka dari kekerasan. Pusat ini juga membuat program pencegahan kekerasan, membantu negara-negara dan rencana masyarakat setempat serta mengevaluasi program pencegahan.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home