Loading...
BUDAYA
Penulis: Sotyati 16:21 WIB | Kamis, 30 Agustus 2018

Lagu “I Sang for Mecca” Dikarang oleh Seniman Kristen

Fairuz dalam salah satu penampilannya pada tahun 2011. (Foto: arabology.org)

SATUHARAPAN.COM – Lagu Arab populer yang diputar di kawasan Timur Tengah selama bertahun-tahun menjelang dan pada perayaan Idul Adha, ditulis, disusun dan dinyanyikan oleh seniman-seniman Kristen dari Lebanon.

Lagu, berjudul Ghannayt Mecca (I Sang for Mecca) itu, seperti diberitakan Al Arabiya English pekan lalu, adalah lagu paling laris yang dibawakan penyanyi legendaris Lebanon, Fairuz (kerap ditulis juga dengan ejaan Fairouz, Feyrouz, atau Fayrouz), pada tahun 1966.

Liriknya ditulis oleh penyair Kristen Lebanon Said Akl, dan lagunya disusun oleh Rahbani Bersaudara, Assi Rahbani dan Mansour Rahbani.

Fairuz, penyanyinya, dilahirkan dengan nama Nouhad Wadie' Haddad, dari keluarga Kristen Maronit. Ia kemudian bergereja di Gereja Ortodoks Timur setelah menikah dengan Assi Rahbani yang mengantar ke puncak kariernya.

Fairuz, kini berusia 83 tahun, dikenal sebagai penyanyi paling popular dan berpengaruh sepanjang kariernya di dunia Arab. Ia, mengutip dari Wikipedia, disebut-sebut sebagai ikon dalam industri musik Arab modern, dengan penjualan album mencapai angka 80 juta kopi di seluruh dunia. Popularitasnya di Timur Tengah sejajar dengan Umm Kulthum, penyanyi, pencipta lagu, aktris asal Mesir, yang meninggal pada tahun 1975.

Editor : Sotyati


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home