Loading...
BUDAYA
Penulis: Moh. Jauhar al-Hakimi 06:46 WIB | Selasa, 16 Agustus 2016

Lagu Nasional di Jazz Mben Senen Edisi 22 Agustus

Jamming komunitas Jazz Mben Senen edisi Senin 2 Mei 2016 di pelataran Bentara Budaya Yogyakarta. (Foto: Moh. Jauhar al-Hakimi)

YOGYAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Komunitas Jazz Mben Senen  yang secara reguler melakukan jamming setiap Senin malam di pelataran Bentara Budaya Yogyakarta, pada edisi 22 Agustus 2016 akan membawakan tema "merdeka dan bergembira".

Ditemui satuharapan.com saat jamming sesi hari Senin (15/8) malam, salah satu pentholan Jazz Mben Senen Danny Eriawan menjelaskan bahwa setiap bulan Jazz mBen Senen selalu memainkan satu tema.

"Setiap bulan kawan-kawan komunitas (Jazz Mben Senen) melakukan satu sesi tema. Temanya apa terserah rembugan kawan-kawan. Kebetulan untuk bulan Agustus ini berdekatan dengan hari kemerdekaan RI, dan kemarin kawan-kawan sepakat pada edisi 22 Agustus akan membawakan lagu-lagu nasional," kata Danny.

Lebih lanjut Danny menjelaskan bahwa lagu-lagu yang dibawakan pada edisi 22 Agustus 2016 bisa lagu perjuangan/patriotik, lagu daerah, ataupun lagu nasional dan seperti biasanya komunitas diberikan kebebasan merespon tema tersebut dalam komposisi dan aransemennya.

Bergembira, semangat ini menjadi perekat komunitas Jazz Mben Senen yang hingga saat ini telah melewati lebih 300 edisi sejak pertama kali dihelat tahun 2009 tanpa putus. Dalam suasana yang cair setiap anggota komunitas bisa secara bebas saling belajar, berbagi, bereksperimen, dan menuangkan ekspresinya dalam jamming.

"Sekali merdeka tetap bergembira. Inilah semangat yang dibangun kawan-kawan komunitas," kata Simbah drummer Everyday. Dalam suasana merdeka dan bergembira itulah komunitas Jazz Mben Senen membangun persaudaraan. Sebagaimana disampaikan oleh Sindhunata (pendiri Bentara Budaya Yogyakarta), di Jazz Mben Senen setiap orang bisa saling ngobrol, berkomunikasi sekaligus belajar mengembangkan kreasi dan kreativitas. Di Jazz Mben Senen kita bisa menghibur diri, melepaskan ketegangan, serta membangun persaudaraan tanpa memandang perbedaan latar belakang.

Dalam bahasa sederhana, Jazz Mben Senen adalah buku terbuka untuk bergembira bagi siapapun.

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home