Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 04:53 WIB | Rabu, 13 Mei 2015

Langkah Munchen Terhenti di Liga Champions

Gelandang bertahan Barcelona, Adres Iniesta (kiri) dihalangi Thiago Alcantara (Bayern Munchen, kanan) pada partai yang berlangsung Rabu (13/5) dini hari WIB di Stadion Allianz Arena, Munchen. (Foto: uefa.com).

MUNCHEN, SATUHARAPAN.COM – Bayern Munchen gagal melangkah ke partai puncak Liga Champions musim 2014-2015 karena terhenti di semi final. Walau Munchen memenangkan partai kedua atas Barcelona  3-2, pada partai yang dilangsungkan Rabu (13/5) dini hari WIB di Stadion Allianz Arena, Munchen.

Munchen kalah dengan agregat 3-5 atas salah satu klub wakil Spanyol tersebut, karena di semi final pertama saat digelar di Stadion Camp, Nou pekan lalu Barcelona menggulung Munchen 3-0.

Catatan statistik uefa.com menunjukkan Munchen menguasai permainan, dengan keunggulan tipis ball possesion 52 berbanding 48 persen hasilnya terlihat di menit ketujuh ketika Mehdi Benatia membawa Munchen unggul. Gelandang Munchen tersebut mencetak gol dengan memanfaatkan bola tendangan penjuru yang dieksekusi Xabi Alonso.

Barcelona tidak panik walau kebobolan, tim asuhan Luis Enrique bangkit dan dengan skema serangan terencana di menit ke-15 mereka menyamakan gol yang tercipta dari kombinasi saling mengumpan bola Luis Suarez dan Neymar. Gol tercipta karena Neymar berhasil menaklukkan pengawalan Rafinha di lini belakang Munchen, dan kemudian mengecoh penjaga gawang Munchen, Manuel Neuer.

Barcelona mengungguli tuan rumah di menit ke-29 melalui gol kedua Neymar. Dalam sebuah serangan balik cepat, Suarez menggiring bola ke kotak penalti Munchen dan kemudian mengirim bola ke Neymar. Kemudian, salah satu penyerang tim nasional Brasil tersebut mengontrol  dan menembak bola dengan akurat tanpa terhalang Manuel Neuer.

Bayern Munchen membalas, dan membuat kiper Barcelona, Marc Andre Ter Stegen bekerja keras di menit ke-38, karena Stegen harus menyelamatkan bola yang disundul Bastian Schweinsteiger.

Munchen bisa menyamakan kedudukan pada menit ke-59 lewat gol  Robert Lewandowski. Penyerang asal Polandia itu mencetak gol karena menerima bola sodoran dari Schweinsteiger, dan mengelabui gelandang bertahan Barcelona, Javier Mascherano.  .

Thomas Mueller  mencetak gol bagi Munchen di menit ke-73.  Munchen unggul 3-2 hingga akhir pertandingan, namun  secara agregat kalah sehingga Barcelona yang memastikan melaju ke partai puncak dan akan melawan pemenang antara Real Madrid atau Juventus.

Susunan Pemain:

Bayern Munchen: Manuel Neuer, Philipp Lahm, Rafinha, Jerome Boateng, Mehdi Benatia, Bastian Schweinsteiger, Xabi Alonso, Thiago Alcantara, Juan Bernat, Thomas Muller, Robert Lewandowski.

Barcelona: Marc Andre Ter Stegen, Dani Alves, Gerard Pique, Jordi Alba, Javier Mascherano, Andres Iniesta, Ivan Rakitic, Sergio Busquets, Lionel Messi, Luis Suarez, Neymar. (uefa.com/soccerway.com).

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home